Dampak Buruk Mengonsumsi Gula Berlebihan

 Dampak Buruk Mengonsumsi Gula Berlebihan

Naviri.Org - Makan dan minum adalah kebutuhan pokok setiap hari semua orang. Untuk mendapatkan energi serta tubuh yang sehat, kita tentu harus mengonsumsi makanan dan minuman yang memenuhi gizi dan nutrisi. Yang menjadi masalah, urusan makan dan minum kadang tidak terkontrol dengan baik. Bukan hanya dalam jumlah yang dikonsumsi, namun juga bahan-bahan yang terdapat di dalamnya.

Di masa kini, tidak sedikit makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya. Bahkan jika makanan dan minuman yang kita konsumsi benar-benar sehat pun, bukan berarti kita bisa bebas mengonsumsinya, karena tidak semua makanan baik dapat tetap baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Gula, misalnya. Di satu sisi, gula memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, selain menjadikan makanan terasa lebih enak karena manis. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, gula justru mengancam kesehatan.

Berikut ini di antara dampak buruk akibat mengonsumsi gula berlebihan, sehingga kita perlu mewaspadainya.

Penyakit jantung

Mengonsumsi gula berlebihan dapat berpotensi menimbulkan masalah atau penyakit jantung, karena mengasup makanan atau minuman yang manis secara berlebihan akan menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL, serta meningkatkan kadar lemak dalam darah yang akan berakibat pada masalah jantung.

Kanker

Kandungan gula atau glukosa dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan zat-zat yang sangat dicintai oleh sel-sel kanker. Karenanya, demi tujuan menjaga kesehatan—khususnya menjauhkan kanker—maka mengontrol konsumsi gula atau makanan manis perlu menjadi prioritas utama.

Diabete tipe 2


Jika kita mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah melalui berbagai makanan dan minuman manis yang dikonsumsi, maka kita akan membuat kerja hormon insulin lebih ringan. Hormon insulin adalah hormon yang bertugas mengontrol kadar glukosa dalam darah selalu stabil. Dengan begitu, penyakit diabetes tipe 2 tidak akan mudah menyerang tubuh kita. Sebaliknya, jika kita tidak mengontrol asupan gula, hingga mengonsumsinya secara berlebihan, hasilnya akan sebaliknya.

Menurunkan sistem imun

Mengonsumsi gula berlebihan akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Ketika kita tidak mampu mengontrol berbagai makanan dan minuman manis, hasilnya adalah penambahan berat badan berlebih atau kegemukan.

Akibatnya, sistem kekebalan yang mestinya menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit dari luar akan dipaksa pula melawan berbagai masalah dan gangguan kesehatan dari dalam yang diakibatkan kegemukan tersebut.

Menurunkan kemampuan otak

Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dapat menurunkan kemampuan otak seseorang, khususnya dalam penggunaan memori atau daya ingat.

Membahayakan organ hati

Kandungan fruktosa dan glukosa dari berbagai makanan dan minuman yang manis merupakan racun bagi organ hati. Karenanya, mengonsumsi gula berlebihan sama dengan membahayakan organ hati kita.

Baca juga: Makanan-makanan yang Seharusnya Tidak Dimakan

Related

Health 7855892360782962920

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item