Makanan-makanan yang Seharusnya Tidak Dimakan

  Makanan-makanan yang Seharusnya Tidak Dimakan

Naviri.Org - Masyarakat saat ini telah lebih sadar menyangkut makanan sehat, karena mengetahui efek buruk yang bisa ditimbulkan makanan tidak sehat. Yang menjadi masalah, di sekeliling kita banyak tersedia makanan tidak sehat yang mengundang selera, sehingga kita pun tidak jarang ikut mencobanya. Selain itu, ternyata tidak semua orang bisa membedakan mana makanan yang sehat dan mana yang tidak sehat.

Menurut para ahli nutrisi, makanan tidak sehat bukan hanya makanan yang dimasak atau disajikan secara tidak higinenis, tapi juga makanan yang tidak memberi kontribusi positif bagi tubuh kita. Menurut ahli nutrisi pula, berikut ini adalah makanan-makanan yang sebaiknya tidak usah dimakan.

Sereal manis

Sereal manis mengandung kadar gula yang tinggi, dan nutrisi yang rendah. Dari kacamata ahli nutrisi, itu jenis makanan yang mengerikan yang sebaiknya tidak usah dimasukkan ke tubuh kita. Namun, jika Anda penyuka sereal manis, Anda masih bisa menyiasatinya dengan mencari sereal yang mengandung sedikit gula.

Soda


Jika Anda haus dan kemudian meminum sebotol soda, rasa haus Anda tidak akan hilang sempurna, karena pada dasarnya soda hanyalah gula cair. Tidak ada kandungan gizi apa pun di dalam soda. Karenanya, daripada meminun soda, jauh lebih baik jika Anda menggantinya dengan air putih atau susu.

Makanan beku siap saji

Tingkat natrium yang terkandung di dalam makanan beku siap saji sangat tinggi, dan lebih sering melebihi dari jumlah yang seharusnya kita konsumsi. Karenanya, menurut para ahli nutrisi, memakan makanan janis itu tak jauh beda dengan menjilat garam raksasa. Daripada membeli kudapan beku siap saji, ada baiknya jika Anda membuat sendiri kudapan sehat sesuai selera.

Burger

Burger, juga hotdog, bukanlah jenis makanan yang baik, meski mungkin tampak lezat. Sebagai makanan olahan, burger adalah tempat bersarang banyak zat yang tidak bagus untuk tubuh.

Mie instan

Makanan satu ini telah menjadi makanan favorit banyak orang Indonesia dan kawasan Asia lainnya. Sayangnya, mie instan memiliki peran besar dalam asupan sodium harian, terutama bagi penderita hipertensi atau diabetes. Karenanya, saran ahli nutrisi, mie instan sebaiknya dijauhi, karena tidak ada gizi yang bisa diserap darinya.

Sereal batangan

Meski sering diiklankan sebagai produk berserat tinggi, namun sereal batangan sering dikemas dengan kandungan gula yang jauh lebih tinggi dari yang kita bayangkan. Beberapa sereal batangan bahkan tidak lebih baik dan sehat dibanding kue tart. Selain itu, hindari pula muffin kemasan yang terkenal memiliki kadar gula tinggi.

Roti tawar

Anda mungkin terkejut mendapati roti tawar masuk dalam daftar ini. Sama halnya dengan mengonsumsi cupcakes, roti tawar juga akan membuat energi kita cepat menurun, sebab keduanya terbuat dari karbohidrat dasar yang cepat terurai menjadi gula sederhana. Karena itu, jika Anda berharap tubuh dapat berenergi lebih lama, gantilah roti tawar dengan roti gandum yang dikenal kaya nutrisi.

Baca juga: Yang Perlu Anda Tahu Seputar Vitamin C

Related

Health 5657036723190539477

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item