Hati-hati, Ini 10 Makanan Berkolesterol Tinggi

Hati-hati, Ini 10 Makanan Berkolesterol Tinggi

Naviri.Org - Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam darah, dan diperlukan untuk memproduksi hormon serta fungsi membran. Kolesterol baik membantu tubuh kita, sementara kolesterol jahat membuat kita memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi, yang sebaiknya diwaspadai atau dihindari, terutama jika kita memang ingin menjauhkan risiko terkena masalah kolesterol.

Kuning telur

Di antara semua makanan, kuning telur memiliki kadar kolesterol paling tinggi, yaitu 1.234 mg per 100 gram porsi, atau 411 persen dari nilai harian. Satu buah kuning telur mengandung 210 mg kolesterol, sedangkan telur utuh mengandung kolesterol sedikit lebih tinggi, yaitu 212 mg. Karenanya, bisa dibilang semua kolesterol dalam telur terdapat dalam kuningnya.

Untuk memenuhi kebutuhan kolesterol, kita bisa menyantap telur pada pagi hari, tapi hindari makan besar dengan burger keju pada waktu makan siang.

Hati

Kolesterol diproduksi oleh hati, karenanya masakan yang berbahan hati tentu mengandung kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol pada hati bahkan lebih tinggi dibanding daging apa pun, yaitu mencapai 564 mg per 100 gram, atau 188 persen dari nilai harian.

Menurut American Heart Association, konsumsi hati sebaiknya tidak lebih dari 300 mg kolesterol untuk orang dewasa yang sehat.

Mentega

Dalam 100 gram mentega terdapat 215 mg kolesterol, dan dalam satu sendok mentega terdapat 30 mg kolesterol. Banyaknya jumlah itu sudah cukup membuat kita mewaspadainya.

Konon, orang India sangat menyukai mentega, hingga hampir semua makanan atau masakan mereka mengandung mentega, seperti roti, kue, dan makanan/masakan lainnya. Sepertinya itu bukan contoh yang layak ditiru.

Udang

Sebagian makanan laut baik bagi kesehatan, namun sebagian yang lain mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi, apalagi jika makanan tersebut direbus lalu digoreng.

Salah satu makanan laut yang mengandung kolesterol tinggi adalah udang. Dalam setiap 100 gram udang terdapat 195 mg kolesterol. Satu ekor udang besar mengandung 11 mg kolesterol, dan satu ons udang mengandung sekitar 55 mg koleterol.

Ayam

Sebenarnya, dibandingkan daging hewan lain, daging ayam memiliki kandungan lemak paling rendah. Namun, kekeliruan dalam mengolahnya kadang bisa menjadikan kandungan kolesterolnya berbeda.

Misalnya, satu paha ayam dengan kulit memiliki lemak dan kolesterol lebih banyak dibandingkan secangkir es krim atau burger. Hal itu karena kulit ayam memiliki kandungan kolesterol tinggi. Karenanya, jika ingin mengonsumsi daging ayam, jauh lebih baik jika dihilangkan bagian kulitnya.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung banyak kolesterol. Selapis roti berisi keju dan telur mengandung 172 mg per 100 gram, atau 246 mg kolesterol per keping roti.

Selain itu, lemak trans terdapat dalam semua makanan ringan dan makanan cepat saji, sehingga kolesterolnya tinggi. Trans lemak adalah hasil penambahan hidrogen ke minyak nabati, yang kemudian digunakan dalam banyak proses pembuatan makanan seperti kue, kentang goreng, dan keripik kentang.

Keju

Keju adalah sumber tambahan protein dan sumber kalsium yang baik. Keju juga merupakan tambahan lezat untuk kebanyakan hidangan. Namun, yang perlu diwaspadai, keju mengandung 123 mg kolesterol per porsi 100 gram.

Daging olahan

Untuk daging olahan, jumlah kolesterol yang dikandungnya tergantung pada cara penyajiannya, serta tambahannya selama pengolahan. Sekadar catatan, daging domba dan itik mengandung kolesterol paling tinggi.

Burger dan es krim

Keju yang terdapat dalam sebuah burger berukuran besar mengandung sekitar 175 mg kolesterol. Itu baru pada kejunya. Sementara dalam satu cangkir es krim mengandung kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan hamburger atau 10 buah donat.

Jika ingin menikmati yang segar-segar, segelas buah segar jauh lebih baik daripada secangkir es krim. Buah mengandung kalori rendah, tinggi serat, vitamin, dan nutrisi yang kita butuhkan, sehingga mengonsumsi buah bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Related

Health 4205229963490607435

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item