Kontroversi dan Rahasia-rahasia Awkarin

Kontroversi dan Rahasia-rahasia Awkarin

Naviri.Org - Awkarin, yang punya nama asli Karin Novilda, memang punya banyak hal untuk dibicarakan. Sejak namanya melambung di dunia maya, khususnya di sosial media, banyak orang yang tertarik pada perempuan cantik ini. Kenyataannya, Awkarin bersikap terbuka, setidaknya pada para wartawan, sehingga orang-orang yang penasaran dengannya pun bisa sedikit terobati rasa penasarannya.

Banak orang yang bertanya-tanya mengenai arti nama Awkarin. Mengapa Karin Novilda bisa berubah menjadi Awkarin? Apa arti nama Awkarin?

Ternyata, nama Awkarin adalah gabungan antara “Aw” dan “Karin”. “Aw” pada nama itu merujuk ke “Awkward”. Kenyataan itu ditegaskan oleh Awkarin sendiri, ketika ia diwawancara oleh portal Beritagar.

Pada waktu SMP, Awkarin bersekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tanjungpinang, lalu melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 58 Jakarta. Berdasarkan foto yang pernah beeredar, dulu Awkarin mengenakan kacamata dan berjilbab. Namun sekarang dia telah bertransformasi menjadi sosok perempuan gaul yang terkenal di media sosial Instagram, YouTube, dan Askfm.

Sosok Awkarin mulai memicu kontroversi sejak ia aktif mengunggah video di YouTube. Dia memiliki subscriber atau pelanggan di YouTube sekitar 200-an ribu, dan salah satu videonya, Gaga’s Birthday Party & My Confession, telah ditonton lebih 2 juta kali. Itu jumlah yang luar biasa besar. Meski begitu, seperti yang disebut tadi, sosok Awkarin juga memicu kontroversi.

Kontroversi itu muncul, karena di video-videonya, Awkarin tampak tak segan mengucapkan kata kotor, seperti alat kelamin pria, atau istilah hubungan intim dalam bahasa slang. Ia juga tampak tidak risih dilihat orang saat bibirnya dikecup sang pacar, yang sekarang menjadi mantan, baik di YouTube maupun di Instagram.

Omong-omong soal pacar Awkarin, eh mantan Awkarin, nama cowok lengkap cowok itu adalah Gaung Sabda Alam Muhammad. Namun lebih dikenal dengan nama Gaga. Hubungan Awkarin dengan cowok itulah yang lalu menarik banyak perhatian, khususnya para ABG, yang menjadikan hubungan mereka sebagai semacam role model.

Di media sosial, Awkarin juga kadang memajang foto dirinya sedang minum alkohol dan merokok. Hal-hal itu lalu memicu reaksi dan cibiran banyak orang, bahkan sampai ada yang menuduh Awkarin telah merusak moral para remaja. Mengenai cibiran dan tuduhan itu, Awkarin mengatakan, “Moral itu urusan manusia dan Tuhan, bukan para haters.”

Bagaimana pun, ada banyak remaja yang menggemari Awkarin, karena perempuan itu dianggap mewakili sosok keren. Dia cantik, fashionable, bertato, mandiri, pendeknya sosok yang menarik, khususnya di mata para ABG atau remaja. Lalu siapakah sosok yang digemari atau dikagumi Awkarin? Dia menyatakan sangat mengagumi Chiara Ferragni, fashion blogger asal Italia.

Terlepas dari sosoknya yang kontroversial, Awkarin telah belajar mandiri sejak masih belia, tepatnya sejak usia 16 tahun. Mandiri yang dimaksud Awkarin adalah tidak lagi meminta uang pada orangtua, meski sebenarnya ia berasal dari keluarga kaya.

Awkarin mulai belajar mencari uang sendiri dengan menjual sarung iPhone secara online, dan usahanya itu menghasilkan Rp10 juta per bulan. Sekarang, setelah menjadi sosok terkenal, dia bisa menghasilkan Rp32 juta per dua hari dari mempromosikan produk-produk milik orang lain.

Balik lagi ke aktivitas/video Awkarin di YouTube. Jika orang mengatakan bahwa video-video Awkarin dengan berbagai penilaian, positif dan negatif, Awkarin menyatakan bahwa dia ingin jujur dengan sendiri. “Aku bukan tipe cewek pencitraan,” ujarnya. “Aku tidak ingin citraku terlihat baik atau buruk, karena media sosial bagiku adalah wadah mengekspresikan diri apa adanya. Terserah orang mau nilai apa.”

Mengenai video putusnya dengan Gaga yang bikin heboh itu, Awkarin mengatakan, “Video itu dibikin dengan tujuan confession (pengakuan) sekaligus klarifikasi ke haters yang bicaranya sembarangan. Bukan settingan untuk tujuan marketing. Kalau video itu jadi booming, mungkin karena belum pernah ada yang membuatnya.”

Soal kontroversi yang mengikuti popularitasnya, Awkarin menjawab, “Kita tidak bisa memaksakan orang berpikir dengan frame yang sama dengan kita. Aku selalu berpikir bahwa seseorang selalu punya alasan-alasan tertentu di balik perilakunya. Aku open minded dan yang lain closed minded, ya aku terima itu. Jalani saja.”

Sebenarnya, Awkarin orang asli Jakarta atau asal Tanjungpinang? Untuk pertanyaan itu, dia menjelaskan, “Orang mengira aku asli Tanjungpinang dan tinggal di sana. Itu salah. Aku lahir di Jakarta Selatan. Namun ketika kelas 4 sekolah dasar, aku, mama dan adik ikut papa, yang merupakan dokter spesialis mata, ke Tanjungpinang, untuk dinas. Di sana aku hidup selama 6 tahun. Dan, setelah lulus SMP aku minta kembali ke Jakarta.”

Apakah Awkarin nyaman dengan kontroversi yang menyertai dirinya? “Nyaman atau tidak itu sudah risiko. Aku yang bikin orang kepo. Kenapa harus menghindar? Jujur saja banyak media yang mengajak wawancara, tapi tidak semuanya aku terima, karena banyak yang hanya mengangkat sisi negatifnya saja. Aku pilih-pilih.”

Terakhir, apa sih prinsip Awkarin dalam menjalani hidup? Ini jawabannya, “Prinsipku bukan bekerjalah seolah-olah kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah seakan-akan kamu akan mati besok. Tapi selama hari ini masih bisa bersenang-senang, kenapa enggak? Kita tidak tahu akan hidup sampai kapan.”

Baca juga: 5 Fakta Tersembunyi Awkarin

Related

News 4042231421384007430

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item