Aneka Manfaat Buah Baobab untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Baobab untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Baobab untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi diare

Bisa dibilang, ini sesuatu yang telah lama dilakukan orang-orang Afrika sebagai bagian pengobatan tradisional. Buah baobab mengandung serat yang tinggi, juga zat tanin dan asam sitrat, yang semuanya sangat ampuh dalam mengatasi diare.

Selain itu, serat larut yang terkandung di dalam buah baobab merangsang pertumbuhan bakteri probiotik yang menguntungkan, termasuk lactobacilli dan bifidobacteria dalam saluran pencernaan.

Sumber vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat, dan hal itu diketahui terkait dengan kemampuan menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah katarak, serta menjauhkan penyakit koroner. Satu porsi buah baobab menyediakan sekitar 80 persen dari nilai harian kebutuhan tubuh terhadap nutrisi penting ini.

Penangkal racun

Di Afrika, orang-orang sering membubuhi anak panah mereka dengan racun strophanthus, yang mereka gunakan untuk berburu. Ketika racun itu terkena tubuh manusia, efeknya bisa berbahaya. Untuk mengatasi hal itu, orang-orang di sana biasa menggunakan buah baobab—meliputi kulit, daging buah, dan bijinya—untuk menetralkan efek racun strophanthus yang masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan kulit

Rutin mengonsumsi buah baobab dapat membantu menjaga kesehatan kulit, karena buah ini mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta omega-3, omega-6, dan omega-9, yang merupakan asam lemak esensial dengan efek menenangkan dan meremajakan kulit. Di Afrika, akar pohon baobab juga kerap dimanfaatkan untuk tujuan yang sama.

Menjaga peredaran darah

Salah satu alasan buah baobab disebut sebagai makanan super, karena di dalamnya terkandung aneka mineral, termasuk zat besi, yang merupakan komponen penting dalam hemoglobin, yang berfungsi sebagai pengangkut darah beroksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga ampuh dalam mencegah anemia, dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Menjaga tekanan darah

Buah baoab memiliki kandungan kalium, yang merupakan mineral penting bagi kesehatan jantung. Kalium memiliki kemampuan dalam mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular, dengan melebarkan pembuluh darah dan arteri, sehingga meningkatkan aliran darah serta menjaga jantung dari bekerja terlalu keras. Menurunnya tekanan darah juga membantu melawan aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan komplikasi kardiovaskular lainnya.

Menjaga kesehatan tulang

Ekstrak buah baobab mengandung banyak mineral, terutama kalsium dan magnesium, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Rutin mengonsumsi buah ini dapat membantu tulang selalu sehat dan kuat sampai usia tua.

Menjaga kesehatan pencernaan

Di dalam buah baobab terkandung dua macam serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kenyataan itu menjadikan buah baobab benar-benar ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan. Selain mengoptimalkan kerja pencernaan dan mengurangi radang yang terjadi dalam usus, serat juga membantu mengatur kadar glukosa serta insulin dalam darah, bahkan menurunkan kolesterol jahat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Buah baobab juga memiliki sifat prebiotik yang dapat membantu meningkatkan level bakteri dalam usus, dan mengoptimalkan pencernaan.

Mencegah penyakit kronis

Buah baobab mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Tingkat antioksidan dapat diukur berdasarkan jumlah radikal oksigen yang mampu diserap buah atau makanan. Dalam hal ini, buah baobab diketahui memiliki skor tinggi dalam tes ORAC (ukuran kekuatan antioksidan).

Kenyataan itu menjadikan buah baobab benar-benar ampuh dalam menetralkan radikal bebas yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan dan penyakit-penyakit kronis.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah baobab tidak hanya dapat berfungsi sebagai antioksidan, namun juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, baobab juga efektif dalam meningkatkan jumlah sel darah putih, dan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan patogen asing.

Menjaga pertumbuhan dan perbaikan jaringan

Vitamin C adalah komponen penting kolagen, yang dibutuhkan untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan, sel, pembuluh darah, tulang rawan, dan tulang. Buah baobab memberikan asupan vitamin tersebut.

Selain itu, tingginya asam askorbat dalam baobab juga tidak hanya melindungi sistem kekebalan tubuh, namun juga memastikan perkembangan normal dan waktu penyembuhan yang tepat setelah cedera, penyakit, dan operasi.

Related

Health 8333800596068731372

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item