Aneka Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

Naviri.Org - Berenuk (Crescentia cujete) adalah tanaman buah asal Amerika, yang kini bisa ditemukan di daerah Mojokerto, Jawa Timur. Tumbuhan berenuk tergolong dalam keluarga Bignoniaceae, dan dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut Calabash tree. Pohonnya berwarna putih kehitaman, dengan cabang simpodial, sementara buahnya berbentuk bulat kecil, mirip buah maja.

Meski tidak terlalu populer, namun berenuk telah lama diketahui memiliki khasiat dalam pengobatan tradisional. Hampir semua bagian pohon, meliputi daun, batang, kulit, akar, dan buah, memiliki khasiat masing-masing dalam menunjang kesehatan.

Hal itu tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi dan senyawa-senyawa penting dalam berenuk, di antaranya saponin, poliferol, flavonoid, tanin, vitamin A, C, E, niasin, riboflavin, thiamin, karbohidrat, dan mineral-mineral yang mencakup natrium, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Berikut ini di antara manfaat berenuk dalam hal menunjang kesehatan, dan manfaat lain, yang perlu kita tahu.

Sebagai antioksidan

Buah berenuk memiliki kandungan zat polifenol yang dapat berperan sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan aneka penyakit, termasuk kanker.

Menurunkan demam

Mengonsumsi buah berenuk dapat membantu menurunkan panas atau demam, karena buah ini memiliki sifat antipiretik. Untuk menurunkan demam dan panas pada anak, Anda bisa membuat jus buah berenuk, lalu diminumkan pada anak Anda yang demam.

Mengatasi diare

Buah berenuk dapat membantu mengatasi masalah diare, atau perut yang sakit melilit. Khasiat itu berasal dari efek pencahar yang terdapat dalam buah ini. Caranya, Anda cukup meminum segelas jus buah berenuk beserta isinya.

Mengatasi masalah pernapasan

Sesak napas, flu, dan pilek, juga bronkhitis dan asma, bisa diatasi dengan memanfaatkan berenuk. Caranya, seduh akar dan daun berenuk ke dalam segelas air panas. Minum saat air masih hangat.

Mengatasi sembelit

Sembelit atau susah buang air besar, dapat diatasi dengan membuat ramuan yang terdiri dari daun dan buah berenuk. Dua bahan tersebut direbus sampai mendidih, lalu tunggu sampai hangat, untuk kemudian diminum.

Mengatasi radang lambung

Rutin mengonsumsi buah berenuk dapat membantu mencegah masalah pencernaan dan masalah terkait, seperti lambung bengkak. Selain memakan buah berenuk, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan meminum air rebusan daun berenuk.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan zat polifenol di dalam buah berenuk memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meredakan nyeri reumatik

Buah berenuk memiliki sifat antireumatik. Karenanya, penderita reumatik yang rutin mengonsumsi buah ini dapat menurunkan rasa nyeri akibat reumatik yang biasa menyerang.

Mengatasi gatal-gatal

Gatal-gatal pada kulit bisa diatasi dengan menggunakan daun berenuk. Caranya, lumatkan daun berenuk, campur dengan kapur sirih, lalu balurkan pada bagian kulit yang gatal.

Mengontrol berat badan

Rutin mengonsumsi buah berenuk dapat membantu mengontrol berat badan sehingga terhindar dari kegemukan, karena nutrisi di dalam buah ini bekerja membakar lemak tubuh.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat dalam bidang kesehatan, buah berenuk juga memiliki beberapa manfat lain di luar kesehatan. Berikut ini di antaranya:

Sebagai pestisida nabati. Buah berenuk memiliki kandungan zat alkaloid, yang dapat digunakan sebagai pengusir kutu daun dan wereng. Buah berenuk memiliki efek bakterostatik (menghambat bakteri). Buah ini merupakan alternatif pestisida yang ramah lingkungan, dan tidak mempunyai efek racun bagi kehidupan.

Potongan buah berenuk dapat digunakan untuk mengusir semut. Jika di dapur atau rumah Anda kerap didatangi semut yang mengganggu, Anda tinggal meletakkan beberapa potong buah berenuk untuk mengusir mereka.

Selain bermanfat bagi kesehatan manusia, berenuk juga dapat menjadi obat bagi ternak. Di Madura, misalnya, ekstrak daun berenuk digunakan untuk mengobati penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi atau ternak lain.

Buah berenuk juga dapat mengusir tikus. Jika Anda ingin mengusir tikus yang biasa muncul di rumah, Anda tinggal meletakkan irisan atau potongan buah berenuk yang telah dikeringkan. Tempatkan irisan buah berenuk yang telah kering itu di tempat-tempat yang biasa didatangi tikus. Cara ini juga bisa untuk mengusir semut, kecoak, dan serangga pengganggu lainnya.

Related

Health 4241578036886845333

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item