Aneka Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

Naviri.Org - Dewandaru (Eugene uniflora) adalah buah yang berasal dari Brasil. Bentuknya mirip buah ceremai, namun ukurannya lebih besar. Buahnya berupa bulat dengan diameter 1,5-2 cm, dengan biji berwarna cokelat. Pada bagian kulit luar terdapat tonjolan-tonjolan. Warna kulitnya beralih dari hijau, kuning, oranye, kemudian merah, sesuai tingkat kematangan buah. Orang Indonesia kadang menyebut buah ini dengan nama “ceremai londo”.

Di Brasil, buah dewandaru telah lama dikenal sebagai buah berkhasiat, karena merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa elektron yang dapat menyebabkan masalah atau penyakit terhadap tubuh manusia. Selain menangkal radikal bebas, buah dewandaru juga sudah terbukti dapat mencegah munculnya kanker atau tumor.

Untuk mendapatkan manfaat atau khasiat buah dewandaru, caranya cukup dengan mengonsumsi buah tersebut, atau menjadikan buah ini sebagai bahan sayuran. Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam buah dewandaru.

Sumber antioksidan

Buah dewandaru mengandung senyawa karotenoid, yang merupakan antioksidan penangkal radikal bebas. Selain buahnya, daun dewandaru juga memiliki kemampuan yang sama, karena mengandung senyawa fenolik yang juga berkhasiat sebagai antioksidan.

Sebagai antibakteri

Selain buah dan daun, biji dewandaru juga memiliki khasiat, yaitu sebagai antibakteri. Para penduduk Brasil telah lama memanfaatkan biji dewandaru untuk mengatasi masalah diare. Para peneliti menemukan bahwa protein yang terkandung di dalam biji dewandaru memang mampu menghambat berbagai kuman penyebab diare.

Menurunkan tekanan darah

Buah serta daun dewandaru memiliki kemampuan dalam menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Selain itu, daun dan buah dewandaru juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Antikanker

Buah dan daun dewandaru juga memiliki kemampuan sebagai antikanker. Penelitian telah menemukan kenyataan tersebut, bahwa kandungan yang terdapat dalam buah serta daun dewandaru dapat mencegah kanker, serta mengatasi sel kanker yang telah tumbuh.

Manfaat lain

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, buah dewandaru juga memiliki khasiat dalam mencegah rusaknya pembuluh darah, menangkal tumor, dan mencegah osteoporosis. Sementara kayu yang berasal dari pohon dewandaru kerap dijadikan aneka aksesoris yang menarik, semisal menjadi bandul kalung, bandul kunci, dan lain-lain.

Related

Health 7122244151401524213

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item