Aneka Manfaat Buah Gambas untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Gambas untuk Kesehatan

Naviri.Org - Gambas (Luffa acutangula) adalah jenis tanaman merambat yang mudah tumbuh di berbagai tempat. Buah ini juga populer disebut oyong, dan sering dimanfaatkan untuk membuat sayur. Buah ini memang enak untuk dijadikan olahan makanan, selain mengandung mineral yang tinggi, terutama kalium dan magnesium, sehingga baik untuk penderita hipertensi dan diabetes.

Di luar negeri, buah gambas tidak hanya dimanfaatkan untuk makanan atau diolah menjadi sayur, tapi juga dijadikan bahan pembuatan sabun. Kandungan senyawa dalam buah gambas memiliki kemampuan dalam mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga sabun dari gambas bisa dibilang efektif dalam mencerahkan kulit. Di Amerika, misalnya, gambas dibudidayakan dalam skala besar, begitu pula di Jepang. Di Jepang, sabun dari gambas digolongkan sebagai sabun kesehatan.

Mengenai manfaat untuk kesehatan, buah gambas memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan lain-lain. Kandungan kalorinya juga rendah, rata-rata cuma 19 kalori per 100 gr, lantaran memiliki kandungan banyak air. Berikut ini aneka manfaat buah gambas untuk kesehatan.

Sumber gizi yang baik

Di Indonesia, buah gambas kerap dimanfaatkan untuk membuat sayur bening, oseng-oseng, dan lain-lain. Mengonsumsi buah gambas, termasuk setelah diolah menjadi sayur, dapat menunjang kesehatan, karena gambas adalah sumber gizi yang baik. Di dalam buah gambas terdapat aneka zat gizi penting, termasuk protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin K, serat, kalium, sodium, dan lainnya.

Menyehatkan tulang

Gambas memiliki kandungan kalsium, vitamin K, dan kalium, yang membantu menjaga kesehatan tulang, sehinga dapat mencegah kemungkinan osteoporosis.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat alami dalam gambas sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan pencernaan, sehingga dapat mengatasi masalah seperti sembelit, susah buang air besar, dan semacamnya.

Mencegah kanker

Vitamin K yang terkandung di dalam gambas memiliki manfaat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, sealigus dapat membunuh sel kanker yang muncul.

Mengatasi radang usus

Untuk mengatasi radang usus, ambillah buah gambas yang telah tua, dalam jumlah secukupnya. Panggang buah gambas tersebut sampai kering, lalu tumbuk hingga halus menyerupai bubuk. Setelah itu, ambil 20 gram bubuk tersebut, dan seduh dengan air panas sebanyak setengah gelas. Minum 1-2 kali sehari.

Menyembuhkan asma

Untuk mengatasi masalah asma, ambillah buah gambas yang masih muda beserta tangkainya, lalu buatlah jus. Minum jus tersebut dua kali sehari, secara teratur.

Melancarkan peredaran darah

Ambillah 250 gram buah gambas, dan 20 gram jamur kuping hitam. Masaklah kedua bahan tersebut sesuai selera Anda, kemudian makanlah. Makanan tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah.

Memperbanyak ASI

Buah gambas bisa membantu memperbanyak ASI untuk ibu yang baru melahirkan dan perlu menyusui bayi. Caranya, ambil 6 gram bubuk gambas, seduh dengan setengah gelas air panas, lalu diminum 1-2 kali sehari.

Mengatasi radang kelenjar telinga

Ambillah 500 gram buah gambas dan dipotong kecil-kecil, lalu campurkan dengan 50 gram sambiloto. Rebus kedua bahan tersebut dalam air sebanyak 2 liter, dan tunggu sampai air rebusan tersisa 500 cc. Setelah itu, angkat. Minumlah selagi hangat, 2-3 kali sehari.

Mengatasi radang tenggorokan

Ambil satu buah gambas yang masih muda, lalu buatlah jus. Tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum 2-3 kali sehari secara teratur.

Mengatasi cacingan

Untuk mengatasi cacingan pada anak-anak, Anda bisa menggunakan biji buah gambas sebanyak 30 gram. Biji ditumbuk halus, lalu diseduh dengan air panas secukupnya, dan diminum. Sedangkan untuk mengatasi cacingan pada orang dewasa, diperlukan biji gambas sebanyak 40-50 gram, lalu ditumbuk dan diseduh dengan air panas secukupnya, dan diminum sehari sekali.

Mengatasi diabetes

Biji buah gambas memiliki kandungan senyawa cucurbitasin yang dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Karenanya, Anda bisa memanfaatkan biji gambas untuk membantu mengatasi diabetes. Berikut ini caranya.

Pangganglah buah gambas sampai kering, lalu tumbuk hingga halus. Seduh bubuk tersebut ke dalam air panas secukupnya, lalu minum 1-2 kali sehari secara rutin.

Related

Health 9194961553629558393

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item