Aneka Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan

  Aneka Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan

Naviri.Org - Gowok (Syzygium polycephalum) adalah buah yang dihasilkan tanaman dari suku Myrtaceae (jambu-jambuan). Gowok masih berkerabat dekat dengan jamblang (Syzygium cumini) dan jambu Semarang (Syzygium samarangense). Pohonnya dapat tumbuh setinggi 8-20 meter, dengan garis tengah batang bagian bawah mencapai 50 cm. Daunnya tunggal berbentuk lonjong, dengan panjang daun sekitar 17-25 cm, dan lebar sekitar 6-7 cm.

Saat tumbuh di pohon, buah gowok biasa menempel bergerombol di tangkai. Buah gowok memiliki warna ungu gelap dan mengilat, daging buahnya berwarna putih atau merah keunguan. Daging buah gowok juga memiliki kandungan sari buah yang masam atau asam manis agak sepet.

Di dalam buah terdapat biji berbentuk gepeng, dengan kulit putih atau merah ungu. Gowok memiliki nama lokal yang berbeda, di antaranya gohok, kepa (Betawi), kupa, kupa beunyeur (Sunda), gowok, gowak, kupa, dompyong (Jawa), dan kaliasem (Bali).

Tanaman gowok diyakini merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, yang tersebar secara alami di pulau Jawa dan Kalimantan. Tumbuh liar di hutan-hutan sekunder, pada ketinggian 200-1.800 m dpl. Selain itu, gowok juga ditanam sebagai tanaman pekarangan.

Pada tahun 1980 hingga awal 1990, buah gowok masih sering dijumpai di pasar-pasar tradisional di Jawa. Namun, seiring masuknya buah impor dan buah lokal yang lebih bernilai ekonomis, buah gowok semakin terlupa dan tersisih. Kini buah gowok sudah sangat jarang ditemukan. Dulu, buah gowok biasa dimakan sebagai buah segar, dijadikan bahan rujak, atau dibuat sirup.

Selain itu, tumbuhan gowok memiliki kandungan saponin dan flafonoida (pada daun dan kulit buah), serta polifenol pada kulit batangnya. Dengan kandungan tersebut, gowok bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati sakit maag, kudis, dan gatal-gatal, serta menetralkan pengaruh mabuk karena alkohol. Sementara buah gowok dipercaya dapat mengatasi masalah diare, kencing manis, dan sakit maag.

Berikut ini beberapa pemanfaatan populer buah gowok, dalam mengatasi masalah kesehatan.

Mengatasi mabuk

Untuk mengatasi mabuk, entah mabuk karena alkohol atau mabuk perjalanan, Anda bisa mengambil buah gowok, dicuci bersih, lalu peras dan ambil sarinya. Minumkan sari buah gowok tersebut kepada orang yang mabuk.

Mengatasi kencing manis

Rutin mengonsumsi buah gowok dapat membantu mengatasi diabetes atau kencing manis, karena kandungan senyawa dalam buah gowok memiliki peran dalam mengurangi produksi gula berlebih di dalam darah akibat tidak maksimalnya kinerja hormon insulin.

Mengatasi maag

Jika Anda termasuk penderita maag, yang sering merasa nyeri di bagian lambung, Anda bisa rutin mengonsumsi buah gowok, satu jam setelah makan siang. Buah gowok dapat membantu lambung kembali normal, sehingga Anda tidak lagi mengalami rasa perih akibat tukak lambung. Hal itu dimungkinkan, karena buah gowok memiliki kandungan saponin, flavonoida, dan polifenol.

Mengatasi diare

Kulit batang pohon gowok dapat membantu mengatasi masalah diare. Caranya, ambil 15 gr kulit batang pohon gowok, dicuci bersih, lalu rebus dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah itu, saring dan dinginkan, lalu berikan ramuan tersebut kepada orang yang menderita diare. Minum secara teratur, sampai diare teratasi.

Mengatasi gatal dan kudis

Selain buah dan kulit batang pohon, daun gowok juga memiliki manfaat, yaitu untuk mengatasi masalah gatal dan kudis. Caranya, ambil daun gowok secukupnya, haluskan, lalu oleskan pada bagian tubuh yang gatal.

Related

Health 7283838088676524532

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item