Aneka Manfaat Buah Kemang untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Kemang untuk Kesehatan

Naviri.Org - Kemang (Mangifera kemanga) adalah buah berbentuk bulat telur terbalik hingga lonjong, dengan kulit tipis dan berwarna cokelat kekuningan saat matang. Daging buah kemang berwarna putih, lunak, berair, dan berserat. Aromanya sangat khas dan tajam, sedangkan rasa buahnya asam sampai manis.

Pohon kemang umumnya tumbuh di dataran rendah di daerah tropis basah, di bawah ketinggian 400 m dpl, meski bisa didapati pula sampai ketinggian 800 m dpl. Tumbuhan kemang membutuhkan curah hujan yang rata sepanjang tahun, serta dapat tumbuh baik di pinggiran sungai dengan cara tergenang air secara berkala. Pohon kemang bisa tumbuh setinggi 45 meter, dengan garis tengah batang mencapai 120 cm.

Pada saat ini, pohon kemang bisa dibilang sudah langka, begitu pula dengan buahnya. Padahal, buah kemang termasuk makanan bernutrisi. Dalam 100 gram buah kemang, terkandung aneka nutrisi berikut ini:
  1. Energi: 48 kkal
  2. Protein: 1 gr
  3. Lemak: 0,2 gr
  4. Karbohidrat: 11,9 gr
  5. Kalsium: 10 mg
  6. Fosfor: 24 mg
  7. Vitamin A: 6 IU
  8. Vitamin B1: 0,08 mg
  9. Vitamin C: 58 mg
  10. Zat besi: 0 mg
Dengan kandungan nutrisinya, buah kemang memiliki kemampuan dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini uraiannya.

Memperbaiki pencernaan

Buah kemang memiliki kandungan fosfor yang berperan penting dalam memperbaiki pencernaan secara efisien. Hal itu dilakukan dengan cara memicu riboflavin serta niacin, yang membantu efisiensi kerja pencernaan dalam tubuh.

Meningkatkan stamina

Kandungan fosfor di dalam buah kemang juga memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah fisik yang lemah, mudah lelah, atau masalah kesehatan serupa. Fosfor memiliki peran dalam meningkatkan stamina, serta mempercepat proses pengobatan yang sedang dijalani seseorang. Orang dewasa normal membutuhkan asupan fosfor sekitar 1.200 mg per hari.

Mengatasi masalah seks

Masih terkait dengan kandungan fosfor di dalam buah kemang, mineral tersebut juga dapat bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah seks, seperti kurang energi atau kehilangan gairah.

Menjaga kesehatan otak

Yang tidak kalah penting, kandungan fosfor di dalam buah kemang dapat ikut menjaga kesehatan otak. Fosfor merupakan elemen penting yang ditemukan di dalam sel-sel otak, dan berperan dalam penggunaan otak secara optimal. Kandungan fosfor di dalam buah kemang dapat memberi asupan mineral tersebut untuk menjaga kesehatan otak.

Memelihara kesehatan tulang

Di dalam tubuh, mineral fosfor juga merupakan bagian penting yang terkait dengan perkembangan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Fosfor bekerja sama dengan kalsium dalam membentuk tulang yang sehat dan kuat. Fosfor juga membantu gusi serta enamel gigi senantiasa sehat. Kecukupan mineral fosfor di dalam tubuh memungkinkan tubuh untuk mengurangi risiko terkena masalah tulang seperti osteoporosis.

Membentuk protein

Fosfor di dalam buah kemang juga membantu dalam proses pembentukan protein di dalam tubuh. Hal itu memungkinkan sel-sel tubuh untuk dapat menggunakan protein secara maksimal, bersama proses perbaikan yang terus berlangsung dari waktu ke waktu.

Mengatur keseimbangan hormon

Kandungan fosfor dalam buah kemang juga dapat membantu mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh, khususnya hormon reproduksi, sehingga dapat selalu seimbang.

Memperbaiki sel tubuh

Fosfor memiliki peran penting dalam memperbaiki serta memelihara sel-sel tubuh, khususnya yang rawan kerusakan. Hal itu menjadikan sel-sel tubuh dapat berkembang dengan baik, serta selalu aktif dan sehat.

Menjaga kesehatan ginjal

Fosfor yang terkandung dalam buah kemang juga dapat membantu melindungi ginjal agar selalu dalam keadaan normal dan sehat. Mineral tersebut membantu ginjal membersihkan limbah dan mengeluarkannya melalui sistem ekskresi.

Memperkuat otot

Fungsi lain fosfor di dalam tubuh adalah membentuk serta menyusun beragam jaringan tubuh, di antaranya otot. Kemudian, fosfor juga berperan dalam menutup luka ketika terjadi perdarahan. Fosfor memungkinkan luka pada kulit cepat mengering dan sembuh.

Mencegah infeksi

Fosfor memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, dan membantu menghindarkan beragam penyakit. Vitamin C juga memberi perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya infeksi.

Pembentuk kolagen

Vitamin C beserta kandungan nutrisi lain dalam buah kemang juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen, yang membantu menyusun jaringan kulit, sendi, tulang, serta jaringan penyokong yang lain.

Sebagai antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran, salah satunya buah kemang. Antioksidan berperan dalam mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan efek buruk, semisal penuaan dini sampai masalah kanker.

Terkait penuaan dini, buah kemang memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, serta membantu menghaluskan kulit. Buah kemang juga rendah lemak, sehingga aman untuk konsumsi selama diet.

Related

Health 968172552545529696

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item