Aneka Manfaat Buah Kiwano untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Kiwano untuk Kesehatan

Naviri.Org - Kiwano adalah buah asal Afrika Selatan. Buah ini terkenal di dunia, karena memiliki bentuk serta penampilan yang unik. Kiwano memiliki warna kulit kuning menyala, dan memiliki benjolan serupa duri. Daging buahnya berwarna hijau segar.

Jika dibelah, daging buahnya mengeluarkan air yang juga segar. Rasanya unik, seperti perpaduan antara jeruk, jeruk nipis, mentimun, dan sedikit rasa pisang. Tekstur buahnya lunak serta ringan saat dikunyah, serta bijinya halus putih dan aman ditelan/dikonsumsi, mirip biji mentimun.

Di Indonesia, kiwano kadang disebut melon bertanduk atau mentimun bertanduk. Sementara di beberapa negara lain, kiwano kadang disebut African horned cucumber, jelly melon, hedged gourd, dan lain-lain. Di Amerika, buah ini disebut blowfish fruit, karena bentuknya dianggap mirip ikan buntal (blowfish).

Pohon kiwano termasuk tumbuhan kuno, karena diperkirakan telah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Pohon kiwano dapat tumbuh alami di ladang atau semak-semak, dan berkembang dengan baik saat musim panas datang. Selain memiliki bentuk unik dan cita rasa yang khas, buah kiwano juga kaya kandungan serat serta vitamin. Karena itu, buah ini pun memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini di antaranya.

Melancarkan sistem pencernaan

Buah kiwano memiliki kandungan serat pangan yang tinggi, yang sangat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat pangan berperan dalam merangsang gerak peristaltik, membersihkan saluran pencernaan, menjaga gerakan usus agar selalu teratur, menghindarkan kram, kembung, sembelit, serta keadaan yang lebih serius seperti radang lambung hingga kanker usus besar.

Selain baik untuk pencernaan, serat pangan dalam buah kiwano juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, karena dapat mengatur tingkat kolesterol pada tubuh. Selain itu, serat pangan pada kiwano juga mampu mengontrol insulin, sehingga dapat mencegah diabetes.

Menjaga kesehatan mata

Buah kiwano memiliki kandungan vitamin A yang berperan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A dalam buah kiwano, yaitu jenis karotenoid, berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk mata, menyingkirkan radikal bebas yang dapat menyebabkan degenerasi makula, serta mencegah terjadinya katarak.

Menjaga kesehatan tulang

Buah kiwano juga memiliki kandungan mineral yang tinggi, khususnya kalsium, yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang, dan mencegah osteoporosis. Mineral lain dalam buah kiwano, seperti zinc, juga memiliki peran penting dalam membantu perkembangan dan perbaikan serta keutuhan tulang.

Menurunkan kadar stres

Penelitian menemukan bahwa senyawa organik yang terkandung dalam buah kiwano mampu meregulasi hormon pada tubuh, khususnya adrenalin serta hormon stres yang lain. Karenanya, mengonsumsi buah kiwano dapat membantu menurunkan kadar stres yang sedang dialami seseorang, dan mengembalikan ketenangan serta kesegaran.

Menjaga kesehatan otak

Kesehatan otak ditunjang oleh banyak hal, salah satunya adalah vitamin E yang telah terbukti dapat memperlambat terjadinya Alzheimer serta demensia. Kiwano memiliki kandungan vitamin tersebut. Selain itu, kandungan senyawa tokoferol dalam buah kiwano juga membantu dalam hal yang sama, termasuk menajamkan pikiran dan menguatkan konsentrasi.

Meningkatkan sistem metabolisme

Mineral zinc yang terkandung di dalam buah kiwano memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan metabolisme, juga dalam menghasilkan protein yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi luka (yang mungkin terjadi), perbaikan organ, jaringan otot, pembuluh darah, dan sel-sel lain pada tubuh.

Mendukung diet

Buah kiwano bisa menjadi pilihan untuk menemani diet Anda. Buah kiwano memiliki kandungan air berlimpah, mencapai 80 persen, sehingga dapat menjaga kesegaran tubuh Anda. Sementara itu, kandungan nutrisi yang tinggi dalam buah kiwano dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat terus aktif menjalani keseharian tanpa harus tergoda makan atau ngemil.

Di atas semua itu, banyak orang telah membuktikan kalau mengonsumsi buah kiwano secara rutin memang dapat menurunkan berat badan.

Antioksidan alami

Di dalam buah kiwano terdapat senyawa alpha-tocopherol, yang merupakan antioksidan alami. Senyawa tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan saraf dan pembuluh darah, serta membantu menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung hingga kanker.

Membantu awet muda

Kandungan vitamin A, vitamin C, serta antioksidan alami dan berbagai senyawa organik lain yang melimpah di dalam buah kiwano memungkinkan buah ini memberi perlindungan menyeluruh untuk tubuh, dan membantu tubuh awet muda, dari dalam maupun dari luar.

Kiwano telah lama dikenal mampu menjaga kesehatan dan keutuhan kulit, mengurangi bintik-bintik penuaan serta keriput, hingga menyamarkan atau menghilangkan bekas luka di kulit.

Catatan:

Menyangkut buah kiwano, ada hal yang perlu diperhatikan. Ketika buah kiwano masih muda, di dalamnya terdapat beberapa senyawa kimia alami dalam dosisi tinggi. Meski alami, senyawa kimia itu bisa menyebabkan risiko, berupa sakit perut, sakit kepala, hingga demam.

Namun, saat buah telah masak atau matang, senyawa kimia yang semula berbahaya itu menghilang, dan digantikan senyawa lain yang bermanfaat. Karenanya, jika ingin mengonsumsi buah kiwano, pastikan Anda hanya mengonsumsi buah yang telah benar-benar masak atau matang.

Related

Health 8339919204962082648

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item