Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan (1)

Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan

Naviri.Org - Kumquat adalah buah asal Asia, yang sangat populer di Cina sejak abad ke-12. Pada saat ini, kumquat telah dibudidayakan di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Asia Tenggara. Pada tahun 1846, kumquat mulai masuk ke Eropa, dibawa oleh seorang kolektor London Horticultural Society bernama Robert Fortune. Buah ini dapat ditemukan di Indonesia sebagai buah impor.

Nama kumquat berasal dari nama dalam bahasa Cina, yaitu gam gwat. Pohon buah ini termasuk dalam keluarga tanaman berbunga, dapat tumbuh setinggi 2,5-4,5 meter, dengan batang bercabang dan berduri. Daunnya hijau mengilap, berbunga putih mirip bunga jeruk. Setiap pohon dapat menghasilkan ribuan buah setiap tahun. Buah kumquat termasuk dalam keluarga jeruk-jerukan (Rutaceae).

Daging buah kumquat terasa empuk dan berair, sehingga sering digunakan untuk salad atau hidangan penutup. Kulit buah kumquat juga terasa manis, sehingga banyak orang memakan buah ini bersama kulitnya sekaligus.

Ada dua varietas kumquat yang populer, yaitu marumi dan nagami. Jenis marumi memiliki buah berbentuk bulat, kuning keemasan, dan tidak terlalu manis. Sedangkan jenis nagami memiliki buah berbentuk oval seukuran buah zaitun, warnanya lebih menyerupai jeruk, dan lebih mudah ditemukan.

Selain enak, kumquat juga termasuk buah berkhasiat, karena mengandung minyak atsiri, vitamin, dan asam organik, untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain itu, buah ini juga kaya serat yang berasal dari vitamin A, B, dan C, mineral, kalsium, dan zat besi, sehingga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang berdiet.

Kumquat juga telah lama diketahui dapat mengatasi bronkhitis, batuk, pilek, radang tenggorokan, faringitis, sakit tenggorokan, demam, diare, disentri, gangguan limpa, dan lainnya.

Semua kemampuan itu dimungkinkan, karena buah kumquat memiliki nutrisi yang lengkap. Dalam 100 gram buah, terkandung nutrisi berikut:
  1. Energi: 71 kkal
  2. Karbohidrat: 15,9 g
  3. Protein: 1,88 g
  4. Lemak total: 0,86 g
  5. Serat larut: 6,5 g
  6. Air: 8,85 g
  7. Kalsium: 62 mg
  8. Zat besi: 0,86 mg
  9. Magnesium: 20 mg
  10. Fosfor: 19 mg
  11. Kalium: 186 mg
  12. Sodium: 10 mg
  13. Seng: 0,17 mg
  14. Vitamin C: 43,9 mg
  15. Tiamin (vitamin B1): 0,037 mg
  16. Riboflavin (vitamin B2): 0,09 mg
  17. Niasin (vitamin B3): 0,429 mg
  18. Folat: 17 µg
  19. Vitamin A: 290 IU
  20. Vitamin E: 0,15 mg
  21. Alfa-Karoten: 155 µg
  22. Beta-Crypto-xanthin: 193 µg
  23. Lutein-Zeaxanthin: 132 µg
Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, buah kumquat pun memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini uraiannya.

Menjaga kesehatan tubuh

Buah kumquat memiliki kandungan nutrisi yang baik sekaligus lengkap. Hal itu menjadikan buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan. Kumquat mengandung sejumlah kalori yang dapat menjadi sumber energi.

Kumquat juga menyumbang sumber nutrisi yang penting bagi tubuh, meliputi vitamin, serat, mineral, dan gula alami. Karenanya, anak-anak maupun orang dewasa dapat rutin mengonsumsi buah ini untuk menunjang kesehatan sehari-hari.

Sumber antioksidan

Selain nutrisi yang lengkap, buah kumquat juga merupakan sumber antioksidan yang tak kalah lengkap. Buah ini memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti lutein, karoten, zeaxanthin, tanin, limonen, muurolene, dan caryophyllene, yang sangat baik dalam melawan radikal bebas.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan (2)

Related

Health 2290076908593694911

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item