Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Sumber minyak esensial alami

Kumquat adalah satu-satunya buah mirip jeruk, yang kulitnya dapat dimakan. Kulit buah kumquat memiliki rasa manis dan aroma yang kuat, sehingga mengunyah kulit buah ini sama enak seperti mengunyah buahnya.

Di dalam kulit buah kumquat terkandung beberapa senyawa alami, termasuk minyak esensial alami yang menjadi sumber antioksidan. Di antara senyawa alami yang terdapat dalam kulit kumquat adalah pektin dan tanin, yang sangat baik dalam mencegah kekambuhan kanker.

Menurunkan risiko kanker

Buah kumquat memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E, yang bersama-sama memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Karenanya, mengonsumsi buah kumquat secara rutin dapat membantu mengatasi berbagai penyakit peradangan, infeksi, penyakit degeneratif, hingga menurunkan risiko kanker.

Membantu metabolisme 

Sistem metabolisme tubuh yang baik akan menunjang kesehatan yang baik, dan hal itu bisa dibantu dengan mengonsumsi buah kumquat. Buah ini memiliki kandungan beberapa kelompok vitamin B seperti niasin, asam folat, asam pantotenat, riboflavin, thiamin, dan piridoksin, yang sangat baik dalam meningkatkan metabolisme. Dengan sistem metabolisme yang baik, tubuh akan lebih mendapatkan energi, sekaligus tidak akan menumpuk lemak berlebihan.

Menjaga sistem kekebalan

Keberadaan vitamin C di dalam buah kumquat dapat berperan sebagai antioksidan, memproduksi kolagen dalam tubuh, sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh. Karenanya, mengonsumsi buah kumquat secara rutin juga dapat menurunkan berbagai jenis risiko penyakit kanker, dan mencegah diabetes.

Selain itu, vitamin C dalam buah kumquat juga berfungsi membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik, sehingga melancarkan proses produksi sel darah merah.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah kumquat mengandung beberapa jenis mineral seperti kalsium, yang dapat membantu menjaga serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan mineral lain dalam kumquat, semisal seng dan selenium, dapat membantu produksi sel darah merah dan mencegah kerusakan sel.

Menjaga sistem pencernaan

Kandungan serat dalam buah kumquat sangat baik dalam membantu menjaga sistem pencernaan, dan mengatur gerak peristaltik dalam usus menjadi lebih baik. Serat dalam kumquat juga dapat mengatasi dan mencegah sembelit, masalah lambung, serta meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Mencegah penuaan dini

Di antara tanda penuaan dini adalah bintik hitam pada kulit, keriput, serta kulit yang kusam. Rutin mengonsumsi buah kumquat dapat mencegah penuaan dini, karena buah ini mengandung vitamin C yang sangat ampuh dalam mencegah berbagai efek tersebut. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah kumquat juga dapat membantu proses produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih sehat.

Mencegah diabetes

Kandungan serat dalam buah kumquat tidak hanya berfungsi menjaga kesehatan pencernaan, namun juga dapat menurunkan risiko diabetes. Hal itu dimungkinkan, karena serat dalam kumquat juga dapat menjaga kadar insulin dan kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

Meningkatkan energi

Buah kumquat mengandung karbohidrat yang sehat, yang tidak banyak mengandung zat pati. Karbohidrat berhubungan dengan energi tubuh. Mengonsumsi buah kumquat dapat membantu tubuh Anda meningkatkan energi. Selain itu, dengan kandungan karbohidrat yang dimilikinya, buah kumquat baik untuk menunjang diet, karena memberi asupan karbohidrat yang memberi kenyang, serta meningkatkan energi.

Menurunkan berat badan

Buah kumquat bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, karena buah ini memiliki kandungan serat, air, serta gula alami, yang dapat meningkatkan kalori tanpa meningkatkan berat badan. Bahkan, kandungan serat yang baik dalam buah kumquat dapat membantu menurunkan berat badan, karena membantu pembakaran lemak secara lebih baik.  

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Kumquat untuk Kesehatan (3)

Related

Health 2090001127749486486

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item