Aneka Manfaat Buah Kuweni untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Kuweni untuk Kesehatan

Naviri.Org - Kuweni (Mangifera odorata Griffith) bisa dibilang mirip buah mangga, karena kuweni memang masih berkerabat dengan mangga. Dari wujud buah, rasa, hingga struktur buah, kuweni benar-benar mirip mangga. Yang menjadi pembeda hanyalah struktur serat buah kuweni lebih halus dibanding mangga. Selain itu, buah mangga lebih mudah didapatkan, dibandingkan kuweni yang termasuk buah langka.

Selain dikenal dengan nama kuweni, buah ini memiliki sebutan berbeda di berbagai wilayah. Di Malaysia, buah ini disebut kweni, asam membacang, macang, atau lekup. Di Filipina, disebut huani, uani, atau juani. Di Minangkabau, buah ini disebut kuwini, ambacang, embacang, atau lakuik. Di Betawi, disebut kebembem. Di Jawa, disebut kaweni atau kweni. Di Maluku, disebut kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, atau hitingki. Di Sulawesi Utara, disebut mangga kuini. Masih banyak sebutan lokal lain di banyak daerah.

Pohon kuweni tidak pernah ditemukan hidup di alam liar. Karena itu, para ahli meyakini bahwa tumbuhan kuweni merupakan hasil silang alami antara mangga dan bacang. Berdasarkan penelitian, didapatkan kesimpulan yang memang seperti itu. Pohon kuweni banyak dibudidayakan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan Filipina bagian selatan. Selain itu terdapat pula di Vietnam, Guam, dan Kepulauan Christmas. Meski begitu, budidaya kuweni secara intensif belum dilakukan.

Tumbuhan kuweni dapat hidup baik di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Wilayah yang disukai tumbuhan ini adalah daerah dengan curah hujan agak tinggi namun merata sepanjang tahun, sehingga tanaman ini cocok untuk menggantikan mangga yang umumnya tumbuh lebih baik di daerah kering. Kuweni biasanya diperbanyak dengan biji.

Sebagaimana mangga yang mengandung banyak nutrisi, kuweni juga memiliki kandungann nutrisi serupa. Sebagaimana mangga yang dapat membantu menunjang kesehatan, kuweni juga memiliki kemampuan sama. Berikut ini uraian aneka manfaat buah kuweni dalam membantu menjaga kesehatan.

Mencegah kanker

Sama seperti mangga, buah kuweni memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, yang membantu tubuh menangkal radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dalam buah kuweni membantu mencegah terjadinya kanker.

Indeks glikemik rendah

Kandungan gula darah atau indeks glikemik yang terdapat dalam buah kuweni tergolong rendah. Hal itu membuat buah kuweni aman dikonsumsi, karena tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan, asal dikonsumsi dalam batas wajar. Karenanya pula, buah ini aman dikonsumsi penderita diabetes, asal tidak berlebihan.

Mengatasi jerawat

Rutin mengonsumsi buah kuweni dapat membantu mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit. Hal itu dimungkinkan, karena buah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik dalam hal membersihkan kulit, hingga membebaskan pori-pori kulit dari penyumbatan. Hasilnya, kulit lebih segar dan cerah.

Sumber serat yang baik

Tak jauh beda dengan mangga, kuweni juga merupakan sumber serat yang baik. Serat memiliki peran penting dalam melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, menjaga kesehatan ginjal, hingga mengikat lemak yang masuk ke dalam tubuh. Selain bagus untuk menjaga kesehatan sehari-hari, kuweni juga bisa menjadi buah pilihan bagi Anda yang sedang diet.

Sumber vitamin A

Buah kuweni memiliki kandungan vitamin A dalam kadar tinggi. Vitamin A memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya gangguan pada penglihatan seperti rabun jauh dan semacamnya.

Sumber vitamin B6

Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah kuweni sekitar 10 persen. Vitamin B6 memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses pencernaan protein yang masuk ke dalam tubuh, dan membantu proses pertumbuhan serta perkembangan sel-sel tubuh.

Sumber vitamin C

Dalam 100 gram buah kuweni, terkandung vitamin C yang mencapai 40-50 persen. Kandungan vitamin C yang tinggi itu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan, menjadi zat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, mencegah dan mengatasi sariawan, mempercepat penyembuhan luka, dan menyingkirkan kuman serta bakteri.

Sumber kalsium

Mengonsumsi buah kuweni sama artinya memberi asupan kalsium untuk tubuh, karena buah ini memiliki kandungan mineral tersebut. Kalsium memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang, mencegah terjadinya gangguan pada tulang semisal osteoporosis dan keretakan tulang, memperkuat struktur tulang dan gigi, hingga menambah tinggi badan pada anak dan remaja.

Sumber zat besi

Kandungan zat besi di dalam buah kuweni dapat menyuplai kebutuhan zat besi harian tubuh. Di antara manfaat zat besi adalah mempercepat penyembuhan luka, dan menambah kandungan darah di dalam tubuh.

Sumber mineral fosfor

Ada sekitar 11 mg fosfor dalam 100 gram buah kuweni. Di dalam tubuh, fosfor memiliki manfaat dalam menunjang kalsium agar lebih terserap oleh sel-sel tubuh. Kalsium memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Related

Health 1760400984492204715

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item