Aneka Manfaat Buah Lobi-lobi untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Lobi-lobi untuk Kesehatan

Naviri.Org - Lobi-lobi (Flacourtia inermis) adalah pohon buah-buahan yang berasal dari kawasan Asia beriklim tropis, yang masih satu keluarga dengan tumbuhan rukem. Tumbuhan ini dapat ditemukan di kawasan Indonesia, Malaysia, serta pulau-pulau pasifik dan beberapa daerah tropis lain. Lobi-lobi bisa tumbuh di nyaris semua jenis tanah, namun dengan ketinggian kurang dari 1.300 meter di atas permukaan air laut.

Di Indonesia, tumbuhan lobi-lobi banyak ditemukan tumbuh liar di antara rerumputan, kebun, atau tanah pekarangan yang tak terurus. Selain dikenal dengan nama lobi-lobi, tumbuhan ini juga dikenal dengan nama patikan kerbau.

Di beberapa daerah di Indonesia juga ada nama lokal berbeda. Di Sunda, tanaman ini disebut nanangkaan, di Jawa disebut patikan kebo atau patikan Jawa, di Minangkau disebut lubi-lubi, di Batak disebut balakko, sedangkan di Madura disebut sosononga.

Buah lobi-lobi memiliki ukuran kecil, berbentuk agak bundar, dengan diameter 1-3 cm. Kulitnya lunak, dengan permukaan licin. Buah yang masih muda berwarna hijau kekuningan, bila sudah masak kulit buah berwarna merah tua hingga ungu kehitaman.

Rasa buahnya masam hingga sangat masam, kadang-kadang manis atau sepet. Daging buah hanya sedikit mengandung air, namun memiliki banyak biji. Buah lobi-lobi umumnya dimakan sebagai rujak, selai, manisan, atau dimasak dengan gula untuk diminum sebagai sirup.

Meski kurang populer, buah lobi-lobi juga memiliki manfaat dalam kesehatan. Di dalam buah ini terdapat senyawa tanin, senyawa polifenol (seperti asam gallat), flavonoid, quersitrin, asam organik palmitat oleat dan asam lanolat, senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol, dan tarakseron.

Karenanya, buah ini pun memiliki manfaat, di antaranya untuk membantu mengatasi radang tenggorokan, asma, disentri, radang perut, diare, kencing darah, radang kelenjar susu, payudara bengkak, dan eksim. Sedangkan buah lobi-lobi yang masih muda dapat membantu mengatasi diare.

Related

Health 2617244293614240036

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item