Aneka Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan

Naviri.Org - Menteng (Baccaurea racemosa) adalah buah mirip duku, namun memiliki rasa yang cenderung masam atau kecut. Menteng merupakan tumbuhan asli Pulau Jawa, dan dulu biasa ditanam di pekarangan rumah. Sekarang, popularitas menteng bisa dibilang surut, setelah banyak buah lain yang lebih ekonomis dan lebih enak untuk dinikmati.

Meski begitu, menteng bukan tidak bermanfaat. Di dalam buah ini terkandung nutrisi yang cukup lengkap, sehingga dapat menunjang kesehatan. Dalam 100 gram buah menteng, terkandung nutrisi berikut:
  1. Kalori: 65 kkal
  2. Lemak: 0,2 gram
  3. Fosfor: 20 mg
  4. Kalsium: 13 mg
  5. Karbohidrat: 16,1 g
  6. Protein: 1,7 g
  7. Zat Besi: 1 mg
Karena saat ini buah menteng bisa dibilang langka, buah ini pun jadi sukar ditemui. Namun, jika kebetulan Anda menemukan buah ini sewaktu-waktu, jangan segan untuk mengonsumsinya. Karena selain mengandung nutrisi yang baik, buah menteng juga dapat menunjang kesehatan. Berikut ini di antaranya:

Kandungan nutrisi dalam buah menteng memiliki kemampuan dalam memetabolisme asam amino serta asam lemak, membantu mensintesis asam amino nonesensial, serta menghasilkan sel darah merah.

Buah menteng membantu mengatur tekanan osmotik, melindungi keseimbangan elektrolit (asam-basa) pada tubuh.

Membantu menjaga kesehatan serta kekuatan tulang serta gigi.

Buah menteng dapat membantu mengatasi diare.

Buah menteng juga dapat membantu mengatasi mata bengkak.

Related

Health 2735796840069370984

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item