Aneka Manfaat Buah Mentimun Suri untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Buah Mentimun Suri untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Mentimun Suri untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Meregenerasi sel tubuh

Tubuh manusia terdiri atas banyak sel, yang berperan penting dalam mengangkut sumber energi untuk berbagai organ tubuh, darah, serta oksigen. Tugas sel-sel tubuh sangat berat, dan memiliki batasan umur.

Karenanya, regenerasi sel tubuh dibutuhkan untuk menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati atau aus, sekaligus menghasilkan sel tubuh sehat yang lebih baik. Terkait hal itu, mentimun suri memiliki kandungan vitamin yang sangat membantu dalam proses tersebut, serta membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dalam mentimun suri juga membantu produksi kolagen, yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit. Karenanya, rutin mengonsumsi mentimun suri dapat membantu menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam mentimun suri dapat berperan menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan asam askorbat dan asam caffeic yang terkandung dalam mentimun suri juga dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya akan mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Menjaga kesehatan ginjal

Mengonsumsi buah mentimun suri dapat membantu merawat kesehatan ginjal. Hal itu dimungkinkan, karena buah ini memiliki kandungan air yang dapat membantu meringankan masalah kandung kemih serta ginjal, sehingga melancarkan proses urinasi. Mentimun suri bahkan dianggap sebagai salah satu diuretik (pendorong produksi air seni) alami yang baik.

Mengatasi sakit gigi dan gusi

Masalah seputar sakit gigi dan gusi dapat diatasi dengan mengonsumsi mentimun suri. Buah ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan produksi air liur dan menetralkan asam serta basa di dalam rongga mulut, khususnya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Dalam urusan gigi dan gusi, mentimun suri bahkan terkenal ampuh dalam mengatasi pyorrhea (peradangan gusi).

Menjaga kesehatan sendi

Buah mentimun suri memiliki kandungan silika yang baik untuk menjaga kesehatan sendi. Silika berperan dalam memperkuat jaringan ikat, sehingga menjadikan sendi lebih sehat dan kuat.

Menyingkirkan cacing pita

Cacing pita biasanya berada dan hidup di dalam saluran usus. Mengonsumsi mentimun suri dapat menyingkirkan cacing pita, karena biji-biji dalam mentimun suri dapat membunuh cacing tersebut. Selain itu, biji-biji mentimun suri juga ampuh dalam mengatasi pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan, serta bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Menyuburkan rambut

Tidak hanya bagus untuk kulit, mentimun suri juga bagus untuk rambut. Hal itu disebabkan kandungan silika di dalam mentimun suri mampu menyuburkan rambut, khususnya jika dikombinasikan dengan wortel, bayam, dan selada.

Sebenarnya, di dalam jaringan ikat tubuh kita telah terdapat silika yang bertugas membantu pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi mentimun suri, kinerja silika dalam tubuh akan semakin optimal, sehingga rambut pun lebih subur.

Menjaga kesehatan kuku

Masih terkait dengan silika yang terkandung dalam buah mentimun suri, senyawa tersebut juga dapat membantu menjaga kesehatan kuku, semisal mencegah kuku pecah, atau kerusakan lain pada kuku tangan maupun kuku kaki.

Mengatasi encok dan reumatik

Buah mentimun suri memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, B6, vitamin C, dan vitamin D. Ragam vitamin itu berkombinasi dengan magnesium, folat, dan kalsium, yang juga terdapat dalam mentimun suri. Kombinasi tersebut dapat membantu mengatasi masalah encok serta reumatik, nyeri sendi, bahkan dapat menurunkan asam urat.

Menjaga kesehatan otak

Kandungan asam linoleat dalam mentimun suri sangat baik sebagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan otak, serta mempertajam pikiran.

Related

Health 4963250259824511264

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item