Aneka Manfaat Buah Merah untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Buah Merah untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Merah untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi stroke dan hipertensi

Stroke disebabkan oleh darah yang membeku dan penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah. Salah satu penyebab stroke adalah darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan penggumpalan darah, sehingga pembuluh darah menyempit, dan akibatnya suplai darah berkurang. Lebih dari itu, pembuluh darah bisa pecah. Penyakit ini, bila tidak menyebabkan kematian, dapat menyebabkan kelumpuhan anggota badan.

Kandungan tokoferol dalam buah merah dapat membantu mengencerkan darah dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.

Mengatasi asam urat

Asam urat disebabkan karena terganggunya fungsi liver, sehingga memproduksi asam urat secara berlebihan. Asam urat itu kemudian tertampung di dalam ginjal, menjadi batu, serta mengalir ke ujung-ujung jari tangan dan jari kaki, lalu mengumpul di sana.

Kandungan tokoferol dalam buah merah mampu membantu mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja liver. Setelah sistem kerjanya diperbaiki, liver pun memproduksi asam urat dalam kadar normal.

Mengatasi diabetes

Diabates melitus atau kencing manis disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. Akibatnya, kandungan gula dalam darah meningkat. Dalam hal ini, kandungan tokoferol dalam buah merah membantu memperbaiki kerja pankreas, sehingga fungsi pankreas dapat normal kembali.

Mengatasi osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh pengeroposan tulang, dan pengeroposan tulang salah satunya disebabkan karena tubuh kekurangan kalsium. Osteoporosis umumnya menyerang orang yang berusia senja.

Buah merah dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, karena memiliki kandungan kalsium yang kaya, yang dapat mencegah dan mengatasi osteoporosis. Dalam 100 gram buah merah segar terkandung 54.000 miligram kalsium.

Mengatasi masalah mata

Buah merah memiliki kandungan betakaroten yang tinggi, yang dapat mengatasi beragam penyakit mata yang disebabkan kekurangan vitamin A. Setelah terserap tubuh, betakaroten akan diolah menjadi vitamin A.

Meningkatkan kecerdasan

Buah merah memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang dapat merangsang daya kerja otak, dan meningkatkan kecerdasan. Karena itu pula, buah merah cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan kesuburan

Buah merah memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu meningkatkan produksi sperma. Selain itu, buah merah mengandung energi tinggi, yaitu 360 kalori.

Di samping meningkatkan kesuburan, buah merah juga diketahui dapat mengatasi masalah lambung, wasir, juga gangguan pada paru-paru.

Mengatasi penyakit lupus

Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga mengganggu kesehatan secara umum dan membuat penderitanya mengalami kesusahan bernapas. Mengonsumsi sari buah merah dapat mengatasi masalah itu, karena memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan kulit

Buah merah memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menghaluskan dan mencerahkannya. Vitamin C dan vitamin E dalam buah merah juga membantu mengencangkan kulit, sehingga menghindarkan penuaan dini.

Menjaga kesehatan rambut

Buah merah memiliki kandungan senyawa selenium serta vitamin E yang tinggi. Kandungan senyawa yang tinggi itu dapat merangsang perkembangan rambut, serta menyingkirkan ketombe.

Related

Health 6430588563340857979

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item