Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Berikut ini adalah komposisi gizi buah naga per 100 gram:
  • Air: 82,5-83,0 g
  • Protein: 0,16-0,23 g
  • Lemak: 0,21-0,61 g
  • Serat/dietary fiber: 0,7-0,9 g
  • Betakaroten: 0,005-0,012 mg
  • Kalsium: 6,3-8,8 mg
  • Fosfor: 30,2-36,1 mg
  • Besi: 0,55-0,65 mg
  • Vitamin B1: 0,28-0,30 mg
  • Vitamin B2: 0,043-0,045 mg
  • Vitamin C: 8-9 mg
  • Niasin: 1,297-1,300 mg

Berikut ini uraian lebih lengkap mengenai kandungan nutrisi penting dalam buah naga, serta manfaatnya dalam menunjang kesehatan.

Sumber vitamin C

Buah naga mengandung kadar vitamin C tinggi, yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah naga yang dikeringkan juga terbukti mengandung 10 kali lipat vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Sumber vitamin B1

Vitamin lain yang terkandung dalam buah naga adalah B1 atau thiamin. Fungsi vitamin B1 adalah untuk memproses karbohidrat dengan cepat, dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Sumber vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin yang terkandung dalam buah naga memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. Vitamin B3 juga memiliki kemampuan dalam membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Sumber vitamin B12

Jika Anda kehilangan nafsu makan, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah naga, karena buah ini memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat berperan dalam merangsang nafsu makan. Karena itu, buah naga juga baik dikonsumsi orang yang sedang dalam masa penyembuhan setelah sakit.

Sumber serat

Buah naga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Masalah seperti sembelit atau susah buang air besar dapat diatasi dengan mengonsumsi buah naga.

Sumber mineral

Mineral yang terkandung dalam buah naga di antaranya adalah fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel.

Sumber antioksidan

Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik, yang dapat membantu mencegah serangan radikal bebas penyebab kanker, dan masalah kesehatan lainnya.

Mengontrol gula darah

Buah naga dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Buah naga juga mengandung gula dalam jumlah kecil, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, buah naga juga mampu membunuh sel jahat yang tumbuh secara abnormal dalam tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi buah naga dapat menurunkan tekanan darah pada kondisi normal, sehingga buah ini juga baik dikonsumsi orang yang menderita hipertensi, atau yang berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Menetralisir racun

Tubuh kita tidak terbebas dari paparan racun, meski dalam jumlah kecil. Racun-racun yang ada di sekeliling kita bisa masuk ke tubuh, lalu menumpuk dan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Mengonsumsi buah naga dapat mengatasi hal itu, karena buah ini memiliki kemampuan dalam mentralisir racun-racun dalam tubuh.

Memperbaiki penglihatan

Kandungan senyawa karoten dalam buah naga dapat menjaga kesehatan mata, serta memperbaiki penglihatan. Karenanya, kalau Anda kurang suka mengonsumsi wortel, Anda bisa menggantinya dengan buah naga, karena memiliki khasiat sama.

Sumber protein

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk hormon, enzim, dan zat kimia. Mengonsumsi buah naga sama artinya menambah kandungan protein dalam tubuh.

Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi buah naga secara teratur bisa mengatasi osteoporosis. Kandungan fosfor dan kalium yang tinggi dalam buah naga menjadikan buah ini sangat bermanfaat untuk para manula, yang rentan terkena masalah tulang.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan (3)

Related

Health 8838604561639929689

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item