Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan (3)

 Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga dapat menangkal radikal bebas, yang merupakan biang terjadinya masalah kulit dan penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam buah naga sama tinggi dengan kandungan antioksidan dalam apel. Mengonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu Anda awet muda.

Menurunkan kadar kolesterol

Buah naga memiliki kandungan vitamin B3 dalam kadar tinggi yang dapat berperan dalam memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. Karenanya, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol.

Meningkatkan sistem kekebalan

Kandungan vitamin C dalam kadar tinggi menjadikan buah naga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi tubuh dari serangan beragam penyakit.

Menghambat pertumbuhan sel tumor

Ekstrak daun dan kulit buah naga diketahui dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah, dan menghambat pertumbuhan sel tumor. Karenanya, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat memungkinkan Anda memperoleh manfaat tersebut.

Meremajakan kulit wajah

Untuk meremajakan kulit, sehingga tampak awet muda, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Siapkan 1 buah naga ukuran sedang, lalu belah menjadi dua bagian. Ambil satu bagian, lalu diblender hingga benar-benar halus. Campurkan dengan 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa (plain yogurt), aduk hingga rata.

Gunakan adonan itu sebagai masker, oleskan secara merata di kulit muka dan leher. Biarkan sekitar 15-20 menit atau hingga kering. Setelah kering, bilas dan bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukannya seminggu sekali.

Menghaluskan dan melembapkan kulit

Siapkan buah naga secukupnya (2/3 atau 1 buah berukuran sedang), lalu diblender hingga halus. Saringlah dengan kain bersih, untuk diambil airnya. Celupkan kapas pada sari buah naga tersebut, lalu oleskan secara merata pada bagian wajah dan kulit leher. Biarkan hingga kering, kemudian dibilas dengan air bersih. Anda dapat melakukannya dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Mengatasi kulit terbakar matahari

Siapkan buah naga dan mentimun secukupnya. Blender buah naga, dan ambil air sarinya dengan disaring menggunakan kain, kira-kira sebanyak 2 sendok makan. Lakukan hal yang sama pada mentimun. Setelah itu, campurkan kedua bahan, dan tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk hingga tercampur merata.

Oleskan campuran sari buah naga, mentimun, dan madu tersebut ke bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Biarkan beberapa saat hingga benar-benar kering, lalu gunakan air dingin untuk membilasnya. Selain mendinginkan, ramuan ini juga berguna untuk mencegah iritasi pada kulit.

Tips memilih buah naga

Karena buah naga bukan buah populer sebagaimana mangga atau anggur, bisa jadi Anda masih kebingungan saat harus memilih buah naga di pasaran. Tip berikut ini bisa membantu:

Pilihlah buah naga yang bebas dari lebam atau memar.

Ambil buah naga yang memiliki warna merah muda merata, dan tidak ada noda-noda hitam pada kulitnya.

Tekan sedikit buahnya, kalau agak lembek berarti sudah matang.

Kalau tercium aroma tropis, itu menandakan buah naga sudah masak dan manis.

Saat membeli buah naga, jangan buru-buru memasukkannya ke dalam kulkas. Sebaiknya, simpan sementara di suhu kamar untuk memastikan kematangannya, kemudian baru masukkan ke dalam kulkas. Anda bisa menyimpan buah naga dalam kulkas selama 5 hari.

Related

Health 3897331695529894684

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item