Aneka Manfaat Buah Nektarin untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Nektarin untuk Kesehatan

Naviri.Org - Nektarin (nectarine) adalah buah yang berkerabat dengan buah persik. Pohon persik kadang dapat menghasilkan buah nektarin. Hal itu terjadi saat bunga persik mengalami polinasi, yang lalu menghasilkan dua jenis biji. Satu jenis biji akan tumbuh menjadi pohon nektarin, sedangkan satu jenis biji lainnya tetap menumbuhkan pohon persik.

Yang membedakan nektarin dengan persik, kulit buah nektarin tidak memiliki bulu-bulu halus di permukaannya. Kulit buah nektarin yang telah matang berwarna merah kekuningan, dan daging buahnya berwarna kuning, dengan rasa manis dan bau yang harum. Buah nektarin cocok dijadikan hidangan penutup, atau menjadi campuran salad dan olahan koktail serta minuman segar.

Selain enak, buah nektarin juga mengandung nutrisi yang baik. Satu cangkir nektarin segar dapat memasok 214 mcg betakaroten. Betakaroten membantu tubuh menghasilkan sejumlah vitamin A yang penting bagi kesehatan mata, dan dapat mencegah penyakit seperti degenerasi otot.

Satu cangkir nektarin juga mengandung 7,7 mg vitamin C. Vitamin C dalam nektarin dapat melindungi molekul tubuh, agar tidak rusak oleh radikal bebas dan bahan kimia lain yang menyebabkan perubahan sel. Vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari racun serta polutan yang menyebabkan penyakit.

Kemudian, satu cangkir nektarin segar mengandung 186 mcg lutein. Lutein adalah nutrisi yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Satu porsi nektarin juga memberi pasokan 2,4 g serat dan 1,5 g protein. Satu porsi nektarin juga akan memberi 9 mg kalsium, 13 mg magnesium dan 287 mg potasium. Nektarin juga mengandung zat besi, asam folat, vitamin K, serta gula alami yang membantu memberi energi. Berikut ini aneka manfaat yang terkandung dalam buah nektarin.

Mencegah dehidrasi

Buah nektarin memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat membantu tubuh memperoleh asupan cairan, sehingga terhindar dari dehidrasi. Kandungan air dalam buah nektarin juga membantu ginjal dalam menyaring serta menyingkirkan racun dalam tubuh.

Mendukung diet

Buah nektarin memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, sekaligus rendah kalori. Hal itu memungkinkan buah ini dijadikan teman diet yang baik bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Sumber vitamin A

Buah nektarin merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, selaput lendir, tulang, serta berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber vitamin C

Selain vitamin A, buah nektarin juga sumber vitamin C. Vitamin C memberi perlindungan pada molekul tubuh agar tidak rusak oleh radikal bebas serta bahan kimia lain, yang mengakibatkan pergantian sel. Vitamin C juga dapat memberi perlindungan tubuh dari toksin serta polutan yang dapat mengakibatkan penyakit.

Membantu metabolisme

Buah nektarin memiliki kandungan kalium yang berperan dalam membantu mengatur metabolisme tubuh. Selain kalium, buah nektarin juga memiliki kandungan magnesium serta fosfor.

Sumber serat yang baik

Buah nektarin, sebagaimana umumnya buah lain, termasuk sumber serat yang baik. Serat memiliki manfaat dalam membantu mengatur transit usus, dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, buah nektarin juga mengandung pektin, yang memiliki kemampuan sebagai pencahar.

Menurunkan risiko kanker

Dalam satu cangkir buah nektarin segar terdapat kandungan 186 mcg lutein. Nutrisi tersebut memiliki kemampuan dalam menurunkan risiko penyakit kanker.

Related

Health 7414732960858193169

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item