Aneka Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan (2)

  Aneka Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengurangi noda jerawat

Jerawat memang masalah. Bahkan setelah sembuh pun, jerawat masih meninggalkan masalah berupa noda bekas jerawat. Kalau Anda mengalami masalah sama, Anda bisa menggunakan masker berbahan pepaya, dengan resep berikut.

Siapkan buah pepaya, kupas kulitnya, dan cuci, lalu haluskan. Gunakan pasta pepaya tersebut untuk masker wajah. Diamkan selama setengah jam, lau bilas dengan air dingin.

Sebagai kondisioner alami

Kandungan mineral dalam pepaya dapat menjadikan buah ini sebagai kondisioner alami. Untuk menggunakannya, Anda bisa menghaluskan pepaya matang, campur dengan pisang, yoghurt, dan minyak kelapa. Gunakan campuran tersebut sebagai masker rambut. Jika dilakukan secara teratur, Anda bisa mendapatkan rambut yang sehat, lebat, dan berkilau.

Mengatasi ketombe

Selain dapat dijadikan sebagai kondisioner alami untuk rambut, pepaya juga dapat membantu menghilangkan ketombe di kulit kepala. Kandungan nutrisi pada buah pepaya membantu mengatasi kulit kering atau pun bersisik penyebab ketombe. Cara penggunaannya seperti di atas, sambil Anda rutin mengonsumsi pepaya.

Membantu melangsingkan tubuh

Rutin mengonsumsi pepaya muda dapat membantu melangsingkan tubuh, atau menurunkan berat badan, karena pepaya memiliki enzim yang mampu mengurai lemak dalam tubuh. Enzim berkhasiat itu dua kali lebih banyak pada pepaya muda, daripada pepaya matang.

Mengencangkan payudara

Sejak lama, pepaya dipercaya memiliki manfaat satu ini, yaitu mengencangkan payudara. Pepaya mengandung enzim yang dapat membantu pertumbuhan payudara lebih kencang dan kenyal, serta merangsang pengeluaran hormon wanita yang menjadikan payudara semakin ideal.

Membantu awet muda

Sangat menakjubkan, bahwa pepaya memiliki kandungan vitamin C yang 48 kali lebih banyak dibandingkan apel. Kandungan vitamin C yang berlimpah itu membantu menyegarkan kulit dari dalam, mendorong metabolisme kulit, mengencangkan dan mencerahkan kulit, melepaskan sel-sel kulit mati, yang hasil akhirnya menjadikan kulit Anda lebih muda.

Mengatasi kembung

Serat yang tidak tercerna dalam tubuh dapat memicu rasa kembung. Pepaya memiliki kandungan zat papain—yang merupakan enzim utama dalam pepaya—yang memiliki kemampuan menghancurkan serat yang tidak tercerna dalam tubuh.

Mengurangi gejala sinus

Berdasarkan penelitian, enzim bromelain dalam pepaya dapat mengurangi lendir dan peradangan. Anda bisa mendapatkan manfaat itu dengan rutin mengonsumsi salad pepaya.

Menguatkan tulang

Pepaya mengandung folat dan vitamin B yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Rutin mengonsumsi pepaya juga membantu menghindari osteoporosis.

Sumber antioksidan

Pepaya adalah sumber antioksidan yang baik, karena memiliki kandungan vitamin C serta aneka mineral lain yang baik untuk kesehatan. Antioksidan dalam pepaya membantu organisme tubuh memperbaiki jaringan, melenyapkan zat beracun, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radang, dan lain-lain.

Menyembuhkan konstipasi

Zat papain dalam pepaya sangat baik untuk mengatasi masalah konstipasi. Zat papain terbanyak ada pada pepaya yang masih muda. Karenanya, untuk keperluan ini, Anda bisa memilih pepaya yang masih muda untuk dikonsumsi.

Membersihkan usus

Mengonsumsi jus pepaya dapat membantu membersihkan usus dan menyehatkan pencernaan. Mineral dan nutrisi dalam pepaya memiliki kemampuan dalam membersihkan zat-zat beracun dari dalam tubuh.

Meningkatkan produksi ASI

Bagi ibu hamil, rutin mengonsumsi pepaya selama hamil dan setelah melahirkan dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Mengatasi infeksi saluran kemih

Pepaya, khususnya yang masih muda, dapat membantu melindungi sistem pengeluaran tubuh dan mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi pepaya muda yang dibuat dalam bentuk jus.

Related

Health 1194740199219272818

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item