Aneka Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Naviri.Org - Pinang (Areca catechu) adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia, dan Afrika bagian timur. Dalam bahasa Inggris, pinang disebut betel palm atau betel nut tree. Sedangkan orang Indonesia memiliki beberapa penyebutan lokal semisal pineung (Aceh), pining (Batak Toba), jambe (Jawa), penang (Madura), dan lain-lain.

Sekilas, pohon pinang mirip pohon kelapa, dengan tinggi mencapai 25 meter. Daunnya berada di atas pangkal batang mirip pohon kelapa, namun tangkai daunnya lebih pendek dan memiliki daun yang berbeda dari pohon kelapa. Pohon pinang juga memiliki buah—disebut buah pinang—dan tumbuh bergerombol mirip kelapa. Bedanya, buah pinang lebih kecil dibandingkan kelapa.

Sudah sejak lama pinang dikenal sebagai bagian dari obat herbal atau tradisional. Hal itu tak bisa dilepaskan dari kemampuan pinang yang bersifat menyembuhkan. Pinang di antaranya memiliki sifat anthelmintica yang dapat mengatasi masalah cacingan, dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir. Selain itu, pinang juga bersifat merangsang (stimulansia), menghentikan pendarahan (haermostatica), dan antisifilis.

Kemampuan semacam itu tidak hanya terdapat pada buahnya, namun juga pada bagian lain pohon pinang. Berikut ini uraiannya.

Mengatasi cacingan

Untuk mengatasi cacingan, Anda bisa menyiapkan seperempat buah pinang, temulawak berukuran setengah jari, dan setengah jari kunyit. Semua bahan tersebut direbus sampai mendidih, lalu saring airnya, kemudian diminum.

Mengatasi kulit terluka

Untuk mengatasi kulit yang terluka, Anda cukup menyediakan buah pinang yang masih muda, ambil daging buahnya, lalu ditumbuk sampai halus. Tempelkan hasil tumbukan buah pinang itu pada bagian yang terluka. Jika dilakukan secara rutin, luka akan cepat sembuh.

Mengatasi mata rabun

Mata rabun atau penglihatan yang berkurang dapat diatasi dengan buah pinang. Caranya juga cukup mudah. Anda cukup mengunyah daging buah pinang yang masih muda. Kunyah-kunyah saja, dan isap atau telan airnya. Rutin melakukan hal tersebut dapat mengatasi penglihatan yang mulai berkurang.

Mengencangkan vagina

Buah pinang dapat dimanfaatkan untuk kembali mengencangkan vagina setelah wanita melahirkan. Caranya, rebus daging buah pinang secukupnya, lalu saring air rebusan tersebut, dan diminum secara rutin.

Meningkatkan vitalitas

Jus buah pinang mungkin tidak populer sebagaimana jus avokad atau jus mangga. Namun, mengonsumsi jus buah pinang—asal tidak berlebihan—dapat membantu meningkatkan vitalitas.

Mengentikan pendarahan

Ada banyak hal yang menyebabkan tubuh kita mengalami pendarahan, semisal mimisan, luka pada kulit, bisul yang mengeluarkan darah, sampai diare atau buang air besar yang diikuti keluarnya darah. Untuk menghentikan pendarahan semacam itu, Anda bisa mengonsumsi air rebusan buah pinang secara teratur.

Mengatasi sakit pinggang

Selain buahnya, daun pinang juga memiliki manfaat, salah satunya untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya, siapkan beberapa lembar daun pinang, lalu tumbuk kasar (tidak perlu terlalu halus), kemudian dihangatkan. Setelah itu, tumbukan daun pinang tersebut dikompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Mengatasi masalah kudis

Siapkan satu buah pinang, lalu diparut. Campurkan parutan buah pinang dengan seperempat sendok teh dan dua gelas air, kemudian diaduk sampai merata. Setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Mengatasi difteri

Siapkan dua buah pinang yang masih muda, lalu memarkan. Setelah itu, rebus dalam dua gelas air sampai mendidih, dan tunggu sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Sebelum diminum, tambahkan satu sendok makan madu, dan aduk rata. Ramuan siap diminum.

Menguatkan gigi dan gusi

Untuk menguatkan gigi dan gusi, Anda bisa melakukannya dengan mudah, yaitu cukup dengan mengunyah irisan buah pinang seperti Anda mengunyah permen karet. Caranya, ambil buah pinang yang masih muda, iris, dan kunyah irisan buah tersebut sambil diisap airnya. Sejak zaman dulu, cara ini—jika rutin dilakukan—dapat menguatkan gusi dan gigi.

Mengatasi telinga bernanah

Siapkan akar pinang muda secukupnya, bersihkan, ditumbuk halus, lalu peras airnya. Bersihkan telinga yang sakit dengan kepas, lalu tetesi telinga dengan air perasan akar pinang tadi, sebanyak tiga tetes. Sumbat telinga dengan kapas, agar air tetesan pinang tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Meningkatkan gairah

Ambil satu buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil, kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu buah pinang, kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai airnya tinggal satu gelas, lalu diminum selagi hangat. Keduanya memiliki khasiat yang sama.

Related

Health 7386489058082681299

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item