Aneka Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah osteoporosis

Pir memiliki kandungan zat boron, yang diperlukan tubuh untuk mempertahankan kalsium. Dengan kata lain, mengonsumsi pir akan memaksimalkan kerja kalsium dalam tubuh, yang salah satunya mencegah osteoporosis.

Mengatasi masalah pencernaan

Rutin mengonsumsi pir dapat membantu Anda memiliki pencernaan yang sehat. Kandungan pektin dan serat yang terdapat dalam buah pir bisa membantu menghentikan diare, sementara zat tanin dalam pir membantu menenangkan saluran pencernaan yang teriritasi.

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan. Mengonsumsi buah pir dapat mencegah hal tersebut, karena buah ini memiliki kandungan air yang berlimpah. Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi buah pir juga dapat menyegarkan tubuh.

Menurunkan kolesterol

Kandungan zat pektin dalam buah pir lebih tinggi dibandingkan pektin dalam buah apel. Di dalam tubuh, pektin menyerap lemak di usus, sebelum diserap melalui aliran darah. Hasilnya, tubuh lebih terbebas dari kemungkinan kolesterol yang menumpuk.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pir mengandung banyak vitamin, meliputi vitamin A, B2, B3, B6, C, dan vitamin K. Selain itu, pir juga memiliki kandungan mineral, magnesium, kalium, dan tembaga. Semua nutrisi itu merupakan antioksidan yang baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mampu menahan serangan penyakit.

Mencegah kerusakan kulit

Selain baik untuk menyehatkan pencernaan, serat pangan di dalam buah pir juga memiliki fungsi penting dalam menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Di dalam tubuh, serat bekerja menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga zat gula tidak sempat merusak kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit.

Mencegah penuaan dini

Rutin mengonsumsi buah pir setiap hari dapat membantu mencegah penuaan dini. Hal itu dimungkinkan, karena buah pir mengandung vitamin K dan C, serta zat tembaga, yang mampu melawan radikal bebas serta menjaga kesehatan kulit.

Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya rentan kotor oleh debu yang mudah menempel. Karenanya, kulit berminyak juga lebih rentan kusam. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghaluskan daging buah pir beserta kulitnya, lalu campurkan madu dan krim segar. Oleskan di wajah tiga kali dalam seminggu. Ramuan ini berfungsi untuk membersihkan kelenjar minyak.

Mengatasi jerawat

Jika Anda mengalami masalah jerawat pada wajah, Anda bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi buah pir. Pir memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam, menjadikan kulit lebih tahan terhadap bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat.

Menjaga kelembapan kulit

Buah pir mengandung zat humectant yang dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit, dan menjaga kelembapannya. Rutin mengonsumsi pir dapat menjaga kecantikan dan kelembapan kulit Anda.

Mengangkat sel kulit mati

Anda bisa menjadikan buah pir sebagai scrub alami, untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, tumbuk dan haluskan buah pir, lalu gosokkan perlahan-lahan pada kulit, hingga terasa halus. Pir memiliki enzim alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit Anda akan tampak lebih halus dan berseri.

Menyehatkan rambut

Buah pir memiliki kandungan sorbitol dan glucitol yang dapat memberi nutrisi bagi kulit kepala dan helai-helai rambut. Rutin mengonsumsi pir dapat membantu menyehatkan rambut Anda.

Menghaluskan rambut

Menggunakan tumbukan buah pir sebagai masker rambut dapat mengatasi rambut yang kusut dan kering, agar kembali halus. Selain itu, masker buah pir juga dapat menjadikan rambut lebih berkilau. Untuk membuat masker rambut, Anda perlu menghaluskan buah pir, lalu campurkan dengan cuka apel secukupnya.

Merawat rambut ikal

Kalau Anda memiliki rambut yang ikal dan ingin merawatnya agar senantiasa indah alami, Anda bisa menjadikan buah pir untuk creambath. Caranya, haluskan buah pir, campur dengan minyak kedelai, lalu gunakan untuk creambath. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas sampai bersih.

Catatan:

Meski memiliki aneka manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun buah pir juga memiliki kandungan fruktosa yang lebih tinggi dibandingkan dengan glukosa. Hal itu dapat meningkatkan gas, perut kembung, nyeri, dan diare, khususnya pada orang yang menderita gangguan iritasi usus besar.

Karena itu, jika Anda termasuk golongan tersebut, sebaiknya tidak mengonsumsi buah pir. Sementara Anda yang tidak punya masalah kesehatan, sebaiknya tidak mengonsumsi buah pir secara berlebihan.

Related

Health 5961613063678802949

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item