Aneka Manfaat Buah Rimbang untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Rimbang untuk Kesehatan

Naviri.Org - Rimbang (Salanum ferrogium Jacq) adalah buah yang masuk suku terung-terungan, yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan dan sayur. Di dunia internasional, buah rimbang disebut turkey berry atau mini eggplant. Sementara di Indonesia, buah ini kadang disebut terong teter, terong pipit, terong belut, cokowana, ribbang (Batak Toba), takokak (Sunda), cepokak atau pokak (Jawa).

Tumbuhan rimbang bisa mencapai tinggi 5 meter, meski kebanyakan kurang dari 2 meter. Semua bagian tumbuhan rimbang memiliki duri, kecuali buahnya. Buah rimbang berukuran kecil, dan biasanya tumbuh bergerombol di pohon. Tumbuhan rimbang banyak tumbuh liar di hutan, dataran rendah, hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

Buah rimbang memiliki rasa pahit, sehingga bisa dibilang tidak populer dan hanya sedikit yang menyukai. Untuk menyiasati rasa pahit buah ini, orang biasanya mencampurnya dalam sup. Orang Tapanuli biasa memanfaatkan buah rimbang sebagai tambahan sayur, sedangkan orang Sunda kerap menjadikan buah ini sebagai lalapan. Di Thailand, buah rimbang juga kerap dijadikan kari sayur.

Meski rasanya pahit, buah rimbang memiliki kandungan nutrisi yang baik. Di dalam buah ini terdapat kandungan fosfor, flavonoid, zat besi, saponin, tanin, alkaloid, protein, lemak, kalsium, juga vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Daun rimbang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi jantung berdebar, pusing, kurang nafsu makan, dan tekanan darah tinggi. Lebih lengkap, berikut ini uraian manfaat buah rimbang dalam menunjang kesehatan.

Melancarkan peredaran darah

Untuk membantu melancarkan peredaran darah, Anda bisa membuat ramuan tradisional, dengan resep berikut.

Siapkan buah rimbang sebanyak 30 gram, dan daun dewa sebanyak 20 gram. Cuci hingga bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 600 cc. Tunggu hingga air rebusannya tinggal setengah atau 300 cc. Setelah itu disaring, lalu di minum saat masih hangat. Lakukan setiap hari secara teratur.

Mengatasi wasir

Untuk mengatasi masalah wasir atau ambeien, berikut ini caranya. Siapkan buah rimbang sebanyak 30 gram, daun dewa sebanyak 30 gram, dan temuhitam sebanyak 10 gram. Setelah dibersihkan, semua bahan direbus dengan air sebanyak 600 cc hingga mendidih. Tunggu sampai airnya tersisa 300 cc. Setelah itu disaring, kemudian diminum saat masih hangat. Lakukan secara teratur.

Mengatasi mata minus

Buah rimbang dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk mengatasi masalah mata minus, karena buah ini memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda cukup mengonsumsi buah ini secara rutin, atau mengonsumsinya setelah diolah menjadi sayuran.

Menjaga kesehatan tulang

Buah rimbang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta mengatasi masalah persendian dan tulang. Caranya, siapkan 100 gram buah rimbang yang masih segar, lalu campurkan dengan 100 gram kacang kedelai, dan tahu secukupnya. Semua bahan tersebut ditumis, atau dibuat sayur berkuah, dan nikmati olahan tersebut secara rutin.

Menyembuhkan flu

Untuk menyembuhkan penyakit flu, Anda perlu menyiapkan buah rimbang yang masih segar sebanyak 30 gram, dan jahe sebanyak 15 gram. Bersihkan kedua bahan tersebut, lalu direbus dengan air sebanyak 400 cc. Tunggu sampai mendidih, sampai airnya tinggal 200 cc. Setelah itu disaring, dan diminum saat masih hangat. Lakukan dua kali sehari secara teratur.

Mengatasi asam urat

Untuk mengatasi asam urat, siapkan buah rimbang yang masih segar sebanyak 100 gram, nanas sebanyak 100 gram, lalu tambahkan udang rebon kecil. Masaklah bahan-bahan tersebut sesuai selera Anda, kemudian dikonsumsi secara teratur.

Menetralisir racun dalam tubuh

Buah rimbang dapat mengatasi masalah pembengkakan, serta menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Caranya, siapkan buah rimbang sebanyak 30 gram, daun dewa sebanyak 20 gram, lalu direbus dalam air sebanyak 600 cc. Tunggu sampai mendidih, hingga airnya tersisa 300 cc. Setelah itu disaring, lalu airnya diminum dua kali dalam sehari.

Meningkatkan gairah

Bagi pasangan suami istri yang gairahnya mulai turun, atau bahkan kehilangan gairah, bisa mengonsumsi buah rimbang. Rutin mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan atau mengembalikan gairah yang hilang. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, atau menjadikannya sebagai lalap.

Menangkal radikal bebas

Kandungan nutrisi dan senyawa yang terdapat dalam buah rimbang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Sementara zat-zat kimia di dalam buah ini juga mampu memberi perlindungan jaringan tubuh dari dampak radikal bebas.

Mengatasi sakit lambung

Buah rimbang dapat mengatasi masalah lambug, sakit gigi, katarak, haid tidak teratur, radang payudara, panas dalam, hingga jantung berdebar. Jika Anda mengalami salah satu dari masalah-masalah tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan membuat ramuan berikut.

Siapkan buah rimbang secukupnya, 100 gram nanas, dan udang rebon kecil. Setelah dicuci, semua bahan tersebut ditumis sesuai selera, kemudian dikonsumsi. Lakukan hal itu secara teratur.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, buah rimbang juga masih memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:
  1. Mengatasi bengkak 
  2. Mengatasi pinggang kaku
  3. Mengatasi pusing kepala 
  4. Mengembalikan nafsu makan
  5. Mengatasi tekanan darah tinggi
  6. Melancarkan peredaran darah dan mengatasi darah beku
  7. Mengatasi batuk

Catatan:

Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah rimbang dalam jumlah wajar, atau tidak berlebihan. Karena meski memiliki manfaat, namun mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Selain itu, orang yang memiliki kecenderungan glaukoma dilarang mengonsumsi buah rimbang atau ramuan yang terbuat dari buah rimbang.

Related

Health 7767848651495906466

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item