Aneka Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menurunkan kadar gula darah

Buah tin dapat menjadi makanan pilihan untuk penderita diabetes, karena buah ini memiliki sifat antidiabetes, yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Ekstrak daun tin juga diketahui baik untuk dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari.

Mengatasi masalah encok

Encok disebut pula “penyakit para raja”, karena salah satu penyebab masalah ini adalah konsumsi daging merah secara berlebihan, yang menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah itu, dan menyeimbangkan kembali kinerja enzim di dalam tubuh.

Sebagai antibakteri, virus, dan jamur

Kandungan nutrisi dalam buah tin mampu mengatasi masalah bakteri yang mengganggu kesehatan. Buah tin juga mampu menyingkirkan mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.

Mengatasi anemia

Saat di dalam tubuh, senyawa yang terdapat dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah (hemoglobin), sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita anemia. Selain itu, peningkatan sel darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

Melancarkan pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah tin sangat bagus untuk pencernaan. Selain menjadikan pencernaan lebih baik dan lebih bersih, serat dalam buah tin juga menjauhkan tubuh dari masalah sembelit.

Mencegah penyakit jantung

Buah tin memiliki kandungan omega-3 dan kalium, yang merupakan kombinasi dalam mencegah terjadinya masalah jantung koroner.

Menjaga kesehatan gigi

Selain menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium dalam buah tin juga baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Mengatasi asam urat dan asma

Karena memiliki kemampuan dalam memperkuat tulang dan sendi, buah tin juga cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah tin juga membantu melegakan pernapasan bagi orang yang menderita asma.

Menjaga kesuburan pria

Buah tin memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, sekaligus menjaga kesuburan pria.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebut di atas, buah tin juga masih memiliki aneka manfaat lain, di antaranya berikut ini:

Kandungan senyawa coumarin dalam buah tin dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Buah tin memiliki kandungan kalsium tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti susu bagu penderita alergi produk susu.

Kandungan trytophan dalam buah tin dapat membantu mengatasi insomnia atau sulit tidur.

Zat pektin dalam buah tin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Buah tin memiliki kandungan benzaldehid serta fenol, yang berkhasiat sebagai zat penangkal tumor.

Serat yang terdapat dalam buah tin bermanfaat untuk memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga mampu mengontrol kandungan gula darah, karena mengandung fruktosa.

Rasa manis pada buah tin dapat dijadikan sebagai pengganti gula.

Buah tin mengandung kalium, omega-3 dan omega-6, yang berfungsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner.

Selain buahnya, daun tin juga memiliki manfaat, di antaranya untuk mengatasi kencing batu, diabetes, dan asam urat. Caranya, rebus lima ruas daun tin, lalu diminum airnya. Air rebusan tersebut dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.

Related

Health 2710136824877202189

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item