Aneka Manfaat Buah Yumberry untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Yumberry untuk Kesehatan

Naviri.Org - Yumberry (Mryca rubra) adalah buah yang tumbuh di Cina serta daerah-daerah Asia lain. Buah ini juga kadang masuk ke Indonesia sebagai buah impor, atau sebagai buah kalengan. Selain dikenal sebagai yumberry, buah ini juga disebut dengan berbagai nama lain, seperti red bayberry, wakberry, yangmei, dan yamamomo.

Buah yumberry memiliki ukuran sebesar bola golf. Saat masih muda, kulit buah berwarna merah terang. Seiring makin matang, warna kulit yumberry kian gelap. Selain dapat dikonsumsi sebagai buah segar, yumberry juga bisa dibuat jus.

Buah ini memiliki kandungan vitamin, termasuk vitamin C, antioksidan, mineral, riboflavin, serta betakaroten. Karenanya, buah yumberry juga memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini di antaranya.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan nutrisi di dalam yumberry memiliki kemampuan dalam mencegah radikal bebas, mengatur metabolisme, dan menghindari terjadinya penyempitan pembuluh darah. Selain itu, yumberry juga memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung.

Melindungi kesehatan mata

Kesehatan mata dapat mengalami masalah karena berbagai hal, baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Pengaruh buruk dari luar tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan mata di antaranya sinar UV matahari, layar monitor atau televisi, dan lain-lain. Kandungan nutrisi dalam yumberry bisa membantu menjaga kesehatan mata, sehingga tidak rentan mengalami masalah.

Sumber antioksidan

Yumberry adalah buah yang rendah kalori, selain mengandung vitamin A, C, dan vitamin E. Yang tak kalah penting, yumberry memiliki kandungan antioksidan yang mampu memberi perlindungan pada sel-sel sehat dalam tubuh, mencegah radikal bebas, serta menjaga kesehatan jantung dan menghindari kanker.

Antioksidan di dalam yumberry juga berkhasiat dalam mengatasi peradangan, juga membersihkan dinding sel arteri dari plak kolesterol.

Menjaga berat badan

Selain rendah kalori, buah yumberry juga tinggi serat dan aneka nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan semua hal itu, buah yumberry mampu menjaga berat badan dengan baik, sehingga dapat dijadikan pilihan selama diet.

Baik untuk ibu hamil

Buah yumberry baik untuk dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat atau vitamin B9. Asam folat merupakan nutrisi utama yang melindungi kesehatan ibu hamil serta janin dalam kandungan.

Penelitian sudah menunjukkan, bahwa asam folat memiliki peran penting dalam pergantian sel, pembentukan sel darah merah, dan pembentukan DNA. Kekurangan asam folat atau vitamin B9 pada ibu hamil dapat menyebabkan masalah pada bayi yang dilahirkan.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, buah yumberry juga masih memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya adalah mencegah kanker kulit, menjaga kesehatan pencernaan, mengatur metabolisme gula darah, mencegah penuaan dini, dan mencegah radang sendi (arthritis).

Related

Health 4405122576619732818

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item