Aneka Manfaat Pisang untuk Kesehatan (1)

Aneka Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Naviri.Org - Pisang adalah nama umum yang ditujukan untuk tumbuhan terna berdaun besar memanjang, dari suku Musaceae. Pohon pisang menghasilkan buah yang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir.

Istilah “pisang” juga digunakan untuk sejumlah jenis pohon yang tidak menghasilkan buah untuk konsumsi, semisal pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Uraian ini hanya dimaksudkan untuk membahas pisang yang dikonsumsi, sebagaimana yang biasa kita temukan atau makan sehari-hari.

Ada banyak alasan untuk menyukai pisang. Selain mudah didapatkan dan harganya juga relatif terjangkau, pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pisang memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin, yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Pisang juga memiliki tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Zat-zat itu dapat memberi tambahan energi langsung yang cukup banyak, dan mempunyai indeks glikemik rendah yang baik bagi aktivitas otak. Berikut ini kandungan gizi per 100 gram pisang:
  1. Energi: 371 kJ (89 kkal)
  2. Karbohidrat: 22,84 g
  3. Gula: 12,23 g
  4. Diet serat: 2,6 g
  5. Lemak: 0,33 g
  6. Protein: 1,09 g
  7. Vitamin A: 3 mg 
  8. Thiamine (Vitamin B1): 0,031 mg 
  9. Riboflavin (Vitamin B2): 0,073 mg 
  10. Niacin (Vitamin B3): 0,665 mg 
  11. Asam pantotenat: 0,334 mg 
  12. Vitamin B6: 0,367 mg 
  13. Folat (Vitamin B9): 20 mg 
  14. Vitamin C: 8,7 mg 
  15. Kalsium: 5 mg 
  16. Besi: 0,26 mg 
  17. Magnesium: 27 mg
  18. Fosfor: 22 mg 
  19. Kalium: 358 mg 
  20. Seng 0,15: mg 
Di dalam pisang juga terdapat kandungan potassium yang tinggi, sebesar 400 mg, atau setara dengan segelas orange juice atau kentang kukus. Potassium bisa membuat pembuluh darah lebih rileks, sehingga mencegah tekanan darah tinggi, dan membantu mengeluarkan sodium dari darah. Lebih lengkap, berikut ini uraian mengenai aneka manfaat pisang untuk kesehatan.

Sumber energi

Pisang adalah makanan yang dapat dicerna tubuh dengan mudah, sehingga zat gula yang terkandung di dalamnya akan dapat segera diubah menjadi sumber energi yang baik untuk tenaga, kerja otot, serta membantu menghilangkan lelah.

Baik untuk ibu hamil

Pisang mengandung asam folat tinggi, yang penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan, pembentukan sel-sel baru, dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Karenanya, ibu hamil dianjurkan untuk rajin makan pisang.

Dalam satu buah pisang matang terkandung sekitar 85-100 kalori. Artinya, memakan dua pisang segar dapat memenuhi kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram. Selain itu, pisang juga membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil.

Mengatasi anemia

Pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah. Karenanya, pisang sangat baik untuk dikonsumsi penderita anemia. Anda yang kebetulan mengalami masalah anemia, bisa membiasakan untuk mengonsumsi dua buah pisang setiap hari, untuk membantu menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Baik untuk penderita maag

Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga tidak menimbulkan iritasi atau kerusakan usus pada penderita maag. Bahkan, karena kelembutan teksturnya, pisang bisa membantu mengatasi masalah usus.

Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut, sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengonsumsi pisang dengan dicampur segelas susu cair.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Pisang untuk Kesehatan (2)

Related

Health 420454108586236972

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item