Aneka Manfaat Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan (1)

Aneka Manfaat Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Sirsak (Anona muricata Linn) merupakan kerabat dekat Srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman sirsak berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina). Di Indonesia, sirsak kadang disebut nangka landa (Jawa), nangka walanda (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (Lampung).

“Landa” pada penyebutan sirsak merujuk pada “Belanda”. Penyematan nama itu tak bisa dilepaskan dari asal usul sirsak di Indonesia, yang memang didatangkan atau diperkenalkan oleh Belanda ke Indonesia, pada abad ke-19. Dalam bahasa Belanda, sirsak disebut zuurzak, yang artinya “kantung asam”.

Tanaman sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, meski paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Meski kita biasa mendapati buah sirsak memiliki ukuran cukup besar, antara 20-30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg, namun sebenarnya buah sirsak adalah “kumpulan buah” yang saling menyatu.

Buah-buah sirsak masing-masing memiliki biji tunggal, dan buah-buah tersebut saling berhimpitan sehingga kehilangan batas antar buah. Hasilnya seperti yang kemudian kita lihat, sebentuk buah berukuran cukup besar, dengan banyak biji di dalamnya.

Daging buah sirsak memiliki warna putih, sementara biji-bijinya berwarna hitam. Selain enak dimakan sebagai buah segar, sirsak juga lezat saat dijadikan jus atau es krim. Lebih dari itu, sirsak memiliki banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2, yang cukup banyak. Ada pula fosfor dan kalsium. Rutin mengonsumsi jus sirsak dipercaya dapat mencegah kanker, tumor, dan osteoporosis.

Secara keseluruhan, buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Selain air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

Vitamin yang paling dominan dalam buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak.

Sedangkan mineral yang cukup dominan dalam sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta mencegah osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium) yang mencapai 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi. Selain komponen gizi, sirsak juga sangat kaya komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yang mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Berikut ini uraian mengenai manfaat sirsak untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Pada buah, biji, dan batang pohon sirsak, terdapat fitokimia yang disebut Annonaceous acetogenins. Fitokimia tersebut memiliki peran dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian menemukan bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Melancarkan buang air kecil

Jus sirsak tidak hanya enak, namun juga dapat berfungsi sebagai obat, khususnya jika Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Selain itu, sirsak juga dapat megatasi haematuria, yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

Menjaga kesehatan tulang

Sirsak tidak hanya memiliki kandungan fosfor dan kalium, namun juga mengandung mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Meningkatkan energi

Kandungan thiamin di dalam buah sirsak dapat membantu meningkatkan energi, meningkatkan mood, sehingga dapat melawan rasa lelah dan letih atau perasaan tidak nyaman. Selain itu, kesegaran buah sirsak dapat membantu menyegarkan tubuh.

Meredakan migrain

Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam buah sirsak dapat membantu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah.

Mencegah anemia

Sirsak juga memiliki kandungan zat besi yang baik dalam mengatasi gejala anemia. Zat besi membantu memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

Related

Health 3486613026142356173

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item