Aneka Manfaat Tomat untuk Kesehatan (1)

  Aneka Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Naviri.Org - Bisa dibilang, tomat memiliki “nasib” serupa dengan terung, yaitu lebih populer sebagai bahan sayuran daripada dikenal sebagai buah. Padahal sebagaimana terung, tomat juga termasuk buah-buahan. Namun karena orang lebih sering menggunakannya sebagai pelengkap masakan, tomat pun seakan bagian dari sayuran.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, dan termasuk tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tumbuhan tomat memiliki siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat kentang.

Meski mungkin orang jarang menikmati tomat sebagai buah segar, namun cukup banyak orang yang mengonsumsi jus tomat. Selain menyegarkan, tomat juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Berikut ini kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram tomat:
  1. Fosfor: 27 mg
  2. Kalium: 360 mg
  3. Besi: 0,6 mg
  4. Kalsium: 11 mg
  5. Vitamin C: 23 mg
  6. Thiamin: 0,06 mg
  7. Protein: 1 gr
  8. Vitamin A: 1.000 UI
  9. Kalori: 20 kkal
  10. Protein: 1 gr
  11. Potassium: 360 mg
  12. Thiamin (Vitamin B): 0,06 mg
Karena kandungan nutrisinya, tomat tidak hanya memiliki kemampuan dalam menunjang kesehatan, namun juga kecantikan. Tomat sering dimanfaatkan sebagai masker wajah, karena dapat meremajakan kulit wajah, sehingga tampak segar dan menghambat terbentuknya keriput.

Untuk menggunakan tomat sebagai masker, caranya juga tidak sulit. Anda cukup memotong buah tomat matang, dihancurkan, lalu usapkan pada kulit wajah secara merata. Jika dilakukan secara rutin, wajah akan lebih sehat dan segar.

Lebih lengkap, berikut ini uraian mengenai manfaat tomat dalam menjaga kesehatan dan menunjang kecantikan.

Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A dalam tomat sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Anda bisa mendapatkan manfaat itu dengan rutin mengonsumsi tomat, baik sebagai buah segar maupun dibuat jus.

Meningkatkan sistem imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi tomat, karena buah ini mengandung vitamin C tinggi yang baik dalam mendukung daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Mengatasi radikal bebas

Tomat mengandung zat likopen yang tinggi, yang bermanfaat dalam mencegah serta menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Zat likopen dalam tomat juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah tumbuhnya sel-sel kanker, khususnya kanker prostat, kanker leher rahim, dan kanker pankreas.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nutrisi dalam tomat dapat membantu menurunkan risiko terkena masalah jantung, karena tomat memmiliki kemampuan dalam mencegah penggumpalan darah, yang merupakan salah satu penyebab masalah jantung.

Sebagai antioksidan

Kombinasi vitamin A dan vitamin C dalam tomat dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Mengontrol gula darah

Tomat sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, karena kandungan kromium dalam tomat mampu mengontrol sekaligus menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Tomat untuk Kesehatan (2)

Related

Health 3587565242558265839

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item