Aneka Manfaat Tomat untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Tomat untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Baik untuk perokok

Jika Anda seorang perokok dan ingin berhenti merokok, Anda bisa sering mengonsumsi tomat. Kandungan asam klorogenat dan asam coumaric dalam tomat dapat membantu mengurangi zat-zat karsinogen yang dibawa rokok ke dalam tubuh Anda, sehingga Anda akan lebih mudah untuk berhenti merokok.

Menurunkan kadar kolesterol

Tomat mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan tekanan darah sekaligus kadar kolesterol yang tinggi. Hal itu sangat baik dalam mencegah terjadinya stroke, serangan jantung, dan penyakit sejenis.

Menjaga kesehatan kulit

Tomat mengandung zat likopen yang tinggi, yang mampu berperan sebagai pembersih wajah. Mengonsumsi tomat secara rutin sama artinya menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Menjaga kesehatan rambut

Kandungan vitamin A dalam tomat baik untuk menjaga kesehatan rambut, menjaganya tetap kuat dan mengilap. Selain itu, vitamin A dalam tomat juga membantu menjaga kesehatan gigi, kulit, dan tulang.

Menjaga kesehatan tulang

Tomat memiliki cukup vitamin K dan kalsium, yang keduanya membantu memperkuat dan memperbaiki jaringan tulang di tubuh kita.

Mencegah batu ginjal dan empedu

Rutin mengonsumsi tomat tanpa biji, diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya batu ginjal dan batu empedu.

Mengatasi peradangan

Kandungan nutrisi dalam tomat dapat berperan sebagai anti-inflamasi yang mencegah terjadinya peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C dan karoten dalam tomat memiliki khasiat sebagai antioksidan, sementara asam sitratnya mampu mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat.

Meningkatkan nafsu makan

Kalau Anda kehilangan nafsu makan, sehingga tidak doyan makan apa pun, Anda bisa mengatasinya dengan makan tomat. Tomat memiliki garam mineral yang merangsang aliran air liur, sehingga dapat merangsang perasaan lapar dan mengembalikan atau meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi keseleo

Keseleo adalah istilah untuk menyebut persendian yang sakit akibat terkilir, atau tertekuk dalam posisi tidak benar, atau semacamnya. Keseleo menimbulkan rasa sakit, sehingga orang biasanya mengatasinya dengan balsem.

Anda juga bisa mengatasi keseleo dengan tomat. Caranya, hancurkan tomat dengan blender, lalu campur air sarinya dengan minyak wijen, dengan perbandingan 1 banding 1. Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk memijat sendi yang keseleo.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebut di atas, tomat masih memiliki manfaat lain, di antaranya berikut ini:

Tomat memiliki kandungan fitonutrien yang disebut karotenoid, yang berfungsi menurunkan risiko kanker payudara.

Zat likopen pada tomat dapat mengembalikan keseimbangan biokimia pada penderita diabetes.

Mengonsumsi tomat secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 29 persen. Penelitian menemukan, tomat segar dan ekstrak tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Likopen dalam tomat juga berfungsi melawan penuaan, dan memiliki sifat antikanker. Terutama melawan kanker prostat dan usus besar.

Tomat merangsang produksi asam amino karnitin yang diketahui dapat mempercepat kapasitas pembakaran lemak tubuh lebih dari 30 persen.

Kurangnya likopen dalam tubuh wanita menopause diketahui dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Risiko itu dapat diturunkan dengan rutin mengonsumsi tomat.

Tomat adalah bahan makanan yang serbaguna dan lezat. Anda bisa menggunakan tomat untuk pasta, salad, sup, kari, dan berbagai hidangan favorit.

Related

Health 3839833623469498813

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item