Aneka Manfaat Buah Gooseberry untuk Kesehatan

  Aneka Manfaat Buah Gooseberry untuk Kesehatan

Naviri.Org - Nama gooseberry mungkin tidak populer, khususnya di Indonesia, meski buah ini termasuk keluarga buah-buahan beri, semisal stroberi, bluberi, raspberry, dan lainnya. Gooseberry berasal dari Eropa, yang lalu dikembangkan di kawasan Asia Tenggara dan Afrika barat. Tumbuhan gooseberry dapat tumbuh mencapai 1-3 meter, dengan cabang-cabang yang dihiasi duri tajam. Bunganya berbentuk lonceng, sementara buahnya berukuran kecil-kecil.

Sebagaimana buah-buahan beri lain, gooseberry juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Di India, misalnya, gooseberry sering dijadikan bahan untuk membuat obat tradisional, selain dijadikan bahan pembuatan acar. Sedangkan di beberapa negara, seperti Portugal, gooseberry dijadikan minuman kesehatan, yang kadang dicampur dengan susu.

Gooseberry termasuk buah yang memiliki kalori rendah, dan memiliki kandungan phytochemical fenolik, terutama flavon dan antosianin. Kedua zat tersebut bermanfaat dalam melawan kanker, mencegah penuaan dini, dan penyakit saraf.

Di dalam buah gooseberry juga terkandung vitamin A, vitamin B-kompleks, dan vitamin C. Penelitian telah menemukan bahwa kandungan vitamin C dalam gooseberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, gooseberry juga kaya mineral, seperti tembaga, kalsium, mangan, magnesium, dan kalsium.

Lebih lengkap, berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah gooseberry:
  1. Kalori: 44 kkal
  2. Lemak: 0,6 gram
  3. Lemak jenuh: 0 gram
  4. Lemak tak jenuh-ganda: 0,3 gram
  5. Lemak tak jenuh-tunggal: 0,1 gram
  6. Kolesterol: 0 mg
  7. Natrium: 1 mg
  8. Kalium: 198 mg
  9. Karbohidrat: 10 g
  10. Serat pangan: 4,3 g
  11. Gula: 0 g
  12. Protein: 0,9 g
  13. Vitamin A: 290 IU
  14. Vitamin C: 27,7 mg
  15. Vitamin B6: 0,1 mg
  16. Vitamin B12: 0 µg
  17. Kalsium: 25 mg
  18. Zat besi: 0,3 mg
  19. Magnesium: 10 mg
Berikut ini uraian mengenai aneka manfaat buah gooseberry dalam membantu menunjang kesehatan.

Mencegah Kanker

Penelitian telah menemukan bahwa kandungan antioksidan di dalam buah gooseberry dapat membantu mencegah kanker, sekaligus mengatasi sel kanker.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalam gooseberry juga membantu kulit lebih sehat, serta mencegah penuaan dini. Rutin mengonsumsi buah gooseberry dapat menjadikan kulit wajah lebih kencang, dan menyingkirkan keriput atau kerutan pada kulit.

Mengatasi anemia

Gooseberry memiliki kandungan zat besi yang baik untuk penderita anemia. Rutin mengonsumsi gooseberry dapat mencegah sekaligus mengatasi masalah anemia. Selain itu, gooseberry juga memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk sistem saraf, serta meningkatkan aliran darah pada tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan nutrisi dan senyawa dalam buah gooseberry juga dapat menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan penglihatan. Selain itu, gooseberry dapat membantu mengatasi masalah mata seperti mata merah, berair, dan semacamnya.

Mengatasi masalah jerawat

Kandungan senyawa dalam gooseberry dapat mematikan mikroba dan bakteri jahat yang terdapat pada kulit, serta membantu mencegah jerawat. Rutin mengonsumsi buah ini juga dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah lebih cepat.

Sebagai anti-inflamasi

Gooseberry memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, sehingga efektif untuk mengatasi demam. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah ini juga membantu mengatasi pembengkakan yang disebabkan penyakit semisal arthritis, nyeri encok, nyeri sendi, atau penyakit terkait lainnya.

Menyeimbangkan asam dalam perut

Buah gooseberry baik untuk perut, karena buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang menghindarkan sembelit. Selain itu, gooseberry juga berperan dalam melancarkan pencernaan, dengan menyeimbangkan asam dalam perut.

Baik untuk penderita diabetes

Mengonsumsi gooseberry dapat meningkatkan produksi insulin, dan menjadikan kandungan gula berada dalam level yang tepat. Untuk tujuan tersebut, buah gooseberry dapat dibuat potongan-potongan kecil, lalu dikeringkan dan dijadikan bubuk. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan bubuk tersebut pada segelas air atau susu, dan diminum secara rutin.

Mencegah infeksi

Gooseberry memiliki kemampuan sebagai antibakeri, yang memberi perlindungan tubuh dari infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah gooseberry juga membantu menyingkirkan zat-zat yang berisiko untuk tubuh.

Menyingkirkan noda pada kulit

Kandungan vitamin C dalam gooseberry sangat baik untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa membuat jus gooseberry dan dicampur madu, kemudian diminum secara rutin. Rutin meminum jus gooseberry dapat membantu kulit wajah lebih sehat dan bersinar.

Selain dibuat jus dan diminum, buah gooseberry juga dapat dijadikan masker, yang membantu menyingkirkan noda pada kulit, dan memutihkan kulit wajah secara alami.

Menjaga kesehatan rambut

Gooseberry memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang membantu menyehatkan dan menguatkan rambut. Rutin mengonsumsi buah ini dapat mengatasi masalah seperti rambut rontok, atau semacamnya.

Related

Health 5392006096445463876

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item