Aneka Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan

Naviri.Org - Malaka adalah pohon yang memiliki banyak buah, dan terkenal dengan berbagai nama, di antaranya amla, amlaki, ammalaki, amala, nillika, nellikya, nellikai, dan aneka nama lain di berbagai bahasa di seputar anak benua India. Dalam bahasa Inggris, disebut Indian gooseberry. Para ahli di Malaysia pernah menyimpulkan bahwa tumbuhan Malaka adalah asal usul nama kota Melaka, yang lalu berubah menjadi Selat Malaka.

Pohon malaka mirip pohon ceremai, namun lebih besar dan dapat mencapai tinggi 18 meter. Di India, buah malaka merupakan salah satu unsur penting dalam pengobatan tradisional mereka, yaitu Ayurveda. Kenyataannya, buah malaka memiliki kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, serat, karbohidrat, dan lain-lain. Berikut ini manfaat buah malaka dalam menunjang kesehatan.

Mencegah kanker

Buah malaka memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat dalam mencegah perkembangan beberapa sel karsinogenik dan radikal bebas. Rutin mengonsumsi buah malaka dapat membantu mencegah kanker perut, kanker kulit, hingga kanker hati.

Menurunkan kadar kolesterol

Buah malaka memiliki kandungan vitamin C, asam amino, serta pektin, yang semuanya memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Hal itu sangat baik dalam memberi perlindungan pada arteri serta pembuluh darah dari plak atau lemak.

Menyehatkan pencernaan

Buah malaka memiliki kandungan serat yang dapat membantu gerakan usus agar selalu sehat. Hasilnya, pengeluaran kotoran pada saluran pencernaan jadi lebih teratur. Selain itu, buah malaka juga mampu menetralisir keasaman, serta memiliki efek mendinginkan pada tubuh.

Mengeluarkan racun dari tubuh

Buah malaka memiliki kemampuan dalam melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, dan secara tidak langsung membantu Anda menurunkan berat badan. Karenanya, buah malaka bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang berdiet.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Buah malaka memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur tekanan darah tinggi. Selain itu, buah malaka juga mengandung senyawa yang membantu tubuh serta pikiran lebih nyaman atau tidak tegang. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan ekstrak atau bubuk buah malaka dengan madu, lalu dikonsumsi sehari-hari.

Melancarkan aliran darah

Hal penting lain yang terkandung dalam buah malaka adalah kemampuannya dalam meningkatkan atau melancarkan aliran darah dalam tubuh, dan mengurangi penyumbatan pada aliran darah ke jantung.

Selain itu, dengan antioksidan yang dimilikinya, buah malaka dapat membersihkan tubuh dari toksin, dan memberi perlindungan pada organ hati. Karenanya pula, buah malaka telah lama digunakan dalam penyembuhan sirosis hati serta hepatitis.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan senyawa di dalam buah malaka mampu melindungi pembuluh darah serta arteri agar selalu bersih. Selain itu, kandungan zat besi di dalam buah malaka membantu pembentukan sel darah merah baru, yang secara tidak langsung menurunkan risiko serangan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Rutin mengonsumsi jus buah malaka yang dicampur madu dapat membantu perbaikan masalah mata, serta menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Membantu penyerapan kalsium

Kandungan vitamin C di dalam buah malaka mampu membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih optimal, sehingga kesehatan gigi, tulang, juga kuku, lebih terjaga.

Mengatasi diabetes

Mengonsumsi jus buah malaka dapat mengaktifkan beragam jenis sel tubuh yang merangsang produksi hormon insulin. Kandungan gula yang terlalu berlebih dalam darah akan diambil untuk kemudian diubah menjadi energi, hingga kandungan gula dalam darah lebih stabil.

Membersihkan ginjal

Rutin mengonsumsi buah malaka dapat membantu membersihkan ginjal, dan membantu organ tersebut dapat bekerja secara optimal. Dalam jangka panjang, ginjal pun lebih sehat.

Mencegah infeksi

Buah malaka memiliki kemampuan sebagai anti-infeksi. Mengonsumsi buah ini dapat membantu memberi perlindungan pada tubuh dari serangan infeksi, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan nafsu makan

Kalau Anda atau anak Anda kehilangan nafsu makan, Anda bisa mengatasinya dengan buah malaka. Mengonsumsi buah ini dengan ditambah madu sebelum makan, dapat merangsang nafsu makan yang hilang.

Mengurangi kram saat menstruasi

Sebagian wanita mengalami masalah kram ketika menstruasi, dan hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi jus buah malaka yang dicampur madu, secara teratur. Buah malaka memiliki kandungan vitamin serta mineral yang mampu membantu mengurangi kram serta nyeri saat menstruasi.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam buah malaka dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi buah ini dapat membantu Anda memperoleh kulit yang sehat, halus, serta mengeluarkan toksin dari tubuh dan mencegah jerawat.

Mencegah penuaan dini

Mengonsumsi buah malaka secara rutin dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan beragam masalah dan penyakit, termasuk terjadinya penuaan dini.

Menjaga kesehatan rambut

Tidak hanya untuk kulit, buah malaka juga memiliki manfaat untuk rambut. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu rambut lebih sehat dan lebih kuat. Selain dikonsumsi langsung, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan memoleskan pasta yang terbuat dari buah malaka ke rambut Anda.

Related

Health 3156622558439579690
item