Aneka Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Naviri.Org - Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua, yang tergolong pohon besar. Tinggi rata-rata pohon matoa mencapai 18 meter, dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya, pohon matoa berbuah sekali dalam setahun, yang diawali lahirnya bunga pada bulan Juli sampai Oktober, dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian.

Di Papua, pohon matoa bisa dibilang menyebar rata, dan terdapat di hampir semua dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dpl. Pohon matoa dapat tumbuh baik pada derah yang memiliki kondisi tanah kering (tidak tergenang air), dengan lapisan tanah yang tebal.

Selain di Papua, pohon matoa juga ada di Sulawesi, Maluku, hingga Papua Nugini. Pohon matoa mudah beradaptasi dengan kondisi panas maupun dingin, serta tahan terhadap serangga, yang pada umumnya merusak buah.

Ada dua jenis buah matoa di Papua, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Kedua jenis buah itu dibedakan pada tekstur buahnya. Matoa kelapa memiliki daging buah yang kenyal mirip rambutan, sedangkan matoa papeda memiliki daging buah agak lembek dan lengket.

Buah matoa memiliki rasa manis yang khas. Bentuknya kecil, dengan kulit berwarna hijau pada saat masih muda, dan berubah merah keunguan saat mulai masak.

Selain enak, buah matoa juga baik untuk kesehatan, karena mengandung vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan, vitamin E yang berperan dalam menyingkirkan stres, juga beberapa mineral yang baik untuk kulit, mencegah kanker, jantung koroner, dan lain-lain. Lebih lengkap, berikut ini uraian manfaat buah matoa untuk kesehatan.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah matoa tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan, namun juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C dalam buah matoa juga membantu menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan risiko kanker

Masih terkait dengan vitamin C yang terkandung dalam buah matoa, vitamin tersebut membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan, sekaligus membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, yang salah satunya menumbuhkan sel-sel kanker.

Menurunkan kadar stres

Mengonsumsi buah matoa dapat menurunkan kadar stres, jika Anda kebetulan mengonsumsinya saat sedang stres. Kandungan vitamin E dalam buah matoa memiliki efek menenangkan, serta melepaskan hormon yang memicu perasaan nyaman.

Membantu awet muda

Rutin mengonsumsi buah matoa dapat membantu Anda awet muda, karena kandungan vitamin dalam buah ini berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit kusam, keriput, serta penuaan dini. Karenanya, rutin mengonsumsi buah matoa juga secara tidak langsung menjaga kesehatan serta kecantikan kulit Anda.

Related

Health 316235087386606834
item