Aneka Manfaat Buah Pepino untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Pepino untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Makasar untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Sumber vitamin

Buah pepino memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C. Dalam 100 gram buah pepino terdapat 25 mg vitamin C, yang bermanfaat dalam mencegah sariawan dan memelihara kesehatan gusi. Vitamin C juga merupakan antioksidan alami yang dapat melawan serangan radikal bebas, penuaan dini, serta berbagai jenis kanker. Selain itu, vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

Menjaga kesehatan kulit

Masih terkait dengan kandungan vitamin C dalam buah pepino, vitamin tersebut ikut membantu merawat kesehatan serta kecantikan kulit, mencegah penuaan dini seperti keriput pada wajah, juga berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab masalah kulit.

Menurunkan kadar kolesterol

Dalam 100 gram buah pepino terkandung 1-1,5 gram serat pangan (dietary fiber), yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Di dalam saluran pencernaan, serat mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol), dan dikeluarkan bersama tinja. Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan dari tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Selain menurunkan kadar kolesterol, serat dalam buah pepino juga berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga dikeluarkan sebagai feses.

Dengan transit time yang pendek, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga semakin pendek, sehingga kesempatan membahayakan tubuh semakin kecil. Selain itu, serat juga berperan dalam mengikat zat karsinogenik (penyebab kanker).

Mencegah penyakit kardiovaskular

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, serat juga memiliki kemampuan dalam mencegah penyakit kardiovaskular, seperti diabetes, jantung, stroke, kanker, dan lainnya. Karena itu pula, tubuh membutuhkan sekitar 10 gram serat per orang per hari. Mengonsumsi buah pepino dapat membantu tubuh memperoleh asupan serat.

Sumber betakaroten

Di dalam 100 gram buah pepino terkandung betakaroten sebanyak 27 mg. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, dan berguna untuk membantu proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme.

Selain itu, betakaroten dapat menjangkau lebih banyak bagian tubuh dalam waktu relatif lebih lama daripada vitamin A, sehingga memberi perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Sebagai anti-inflamasi

Kandungan antioksidan di dalam buah pepino dapat menghindarkan tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, buah pepino juga memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, yang mampu mengurangi rasa nyeri serta peradangan sendi.

Melindungi kesehatan hati

Buah pepino telah lama diketahui baik dalam menjaga kesehatan hati, membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik pula dikonsumsi penderita stroke.

Mengatasi diabetes

Selain kemampuan sebagai anti-inflamasi, buah pepino juga dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh, karena kandungan serat yang dimilikinya. Karena itu, rutin mengonsumsi buah ini dapat membantu mengatasi diabetes.

Menangkal radikal bebas

Selain memberikan kesegaran, buah pepino juga menyuplai antioksidan dan betakaroten. Bagi tubuh manusia, dua senyawa itu sangat baik, karena membantu tubuh menangkal radikal bebas, sehingga kesehatan tubuh pun lebih terjaga.

Menjaga kesehatan tulang

Ada beragam jenis vitamin dalam buah pepino, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Semua vitamin itu memberi perlindungan bagi tubuh. Selain itu, buah pepino juga memiliki kandungan zat besi, yang mampu memberi perlindungan pada kesehatan dan perkembangan tulang.

Related

Health 7123921123389353592

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item