Aneka Manfaat Buah Quince untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Quince untuk Kesehatan

Naviri.Org - Quince (Pyrus communis) adalah buah yang masuk dalam keluarga mawar (rose), dan memiliki bentuk mirip apel atau pir. Saat telah masak, buah ini memiliki aroma yang harum. Tumbuhan quince banyak tumbuh di kawasan Kaukasia Utara dekat Turki, Iran, serta Selandia Baru, juga tumbuh secara liar di beberapa negara. Di Indonesia, buah ini juga kadang bisa ditemukan di supermarket sebagai buah impor.

Buah quince termasuk buah kuno, karena telah dikenal sejak ribuan tahun lalu, dan sejak masa lampau telah dinikmati sebagai buah yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Dalam bahasa Arab, buah ini diebut safarjal. Sedangkan dalam bahasa Persia, buah ini disebut beh.

Buah dengan warna putih kekuningan ini memiliki tekstur agak keras, dengan rasa cenderung asam, namun memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Di dalam buah quince terdapat aneka vitamin, termasuk vitamin A, B3, B6, C, juga zat besi, fiber, folat, kalsium, potassium, sodium, energi, karbohidrat, fosfor, serta protein dan mineral.

Quince juga termasuk buah yang rendah kalori, namun kaya serat. Dalam 100 gram buah quince segar, hanya terdapat 57 kalori. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan polifenol.

Berikut ini beberapa manfaat buah quince dalam memberi asupan nutrisi bagi tubuh manusia, sekaligus dalam menunjang kesehatan.

Menangkal radikal bebas

Buah quince termasuk sumber vitamin C yang baik. Di dalam 100 gram buah quince terkandung 15 mg atau 25% RDA vitamin C. Karenanya, buah ini mampu membantu tubuh dalam menyingkirkan radikal bebas, karena vitamin C mampu berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, vitamin C dalam buah quince juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, memerangi virus, serta mengatasi peradangan.

Baik untuk ibu hamil

Buah quince telah lama dikenal sebagai sumber makanan yang baik, karena memiliki aneka manfaat. Buah ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil, karena dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan. Orang Yunani kuno bahkan menganggap buah quince sebagai lambang kesuburan.

Menyehatkan pencernaan

Tidak jauh beda dengan buah-buahan lain, quince juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Di luar itu, kandungan nutrisi dan senyawa dalam buah quince juga mampu mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi alergi, hingga menyehatkan kulit.

Mengaktifkan fungsi otak

Selain membantu mengontrol sistem saraf tubuh, buah quince juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan lambung dan hati. Yang tak kalah penting, buah quince juga berkhasiat dalam mengaktifkan fungsi otak, sekaligus meredakan stres.
Menyehatkan rambut

Nutrisi yang terkandung dalam buah quince dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. Untuk mendapat manfaat tersebut, siapkan kulit buah quince dan air secukupnya. Masukkan kulit buah quince ke dalam air, lalu panaskan selama 15 menit. Usahakan jangan sampai mendidih.

Setelah 15 menit dipanaskan, angkat dan diamkan selama 8 jam. Lalu saring airnya. Gunakan air rebusan tersebut pada rambut, sambil dipijit-pijit. Diamkan sebentar, lalu bilas sampai bersih.

Related

Health 288471418262245610

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item