Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Yayasan (2)

Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Yayasan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Yayasan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

BADAN PENGURUS

Pasal 8

1. Yayasan ini diurus oleh suatu Badan Pengurus, yang terdiri dari sedikit-dikitnya (_____) orang, dengan susunan sebagai berikut:

1 (satu) orang ketua;  
1 (satu) orang wakil ketua;
1 (satu) orang sekretaris;
1 (satu) orang bendahara;
2 (dua) orang anggota atau lebih.

2. Anggota Badan Pengurus diangkat untuk (______) tahun lamanya, dan ditetapkan tentang kedudukan mereka masing-masing, serta dapat diberhentikan sewaktu-waktu oleh Rapat badan Pendiri.

3. Keanggotaan Badan Pengurus berakhir karena;

a. meninggal dunia;
b. atas permintaan sendiri;
c. dinyatakan pailit atau ditaruh di bawah pengampuan (curatele);  
d. diberhentikan oleh Rapat Badan Pendiri.

4. Jika terjadi lowongan, maka anggota-anggota Badan Pengurus lainnya dapat mengajukan calon-calon untuk mengisi lowongan itu kepada Badan Pendiri yang dapat menguatkan usul itu, akan tetapi Badan Pendiri dapat menunjuk orang lain, dengan tidak mengindahkan calon-calon yang diusulkan oleh anggota-anggota Badan Pengurus.

HAK DAN KEWAJIBAN BADAN PENGURUS 

Pasal 9 

1. Badan Pengurus berkewajiban menjalankan peraturan-peraturan tersebut dalam anggaran dasar ini.

2. Badan Pengurus membuat rencana anggaran rumah tangga mengenai semua hal yang tidak atau tidak cukup diatur dalam anggaran dasar ini, dan membuat peraturan-peraturan yang dipandang perlu dan berguna untuk yayasan, termasuk rencana kerja Yayasan untuk (________) tahun.

3. Peraturan-peraturan tersebut dalam ayat di atas tidak boleh bertentangan dengan anggaran dasar Yayasan, dan harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Rapat Badan pendiri.

4. Selambat-lambatnya dalam waktu (______) bulan terhitung dari penutupan Tahun Buku Yayasan, Badan Pengurus memberi laporan kepada rapat Badan Pendiri tentang jalannya Yayasan mengenai tahun buku yang lampau.

Pasal 10

1. Ketua bersama-sama dengan sekretaris berhak mewakili Yayasan di dalam dan di luar pengadilan, dan karenanya berhak melakukan segala tindakan, baik yang mengenai pengurusan atau pun yang mengenai pemilikan, kecuali untuk:    

a. membuat pinjaman guna atau atas tanggungan Yayasan, atau meminjamkan uang Yayasan kepada pihak lain;

b. membeli, menjual, atau dengan jalan lain mendapatkan atau melepaskan hak atas atau memberatkan barang-barang yang tidak bergerak;

c. mengikat Yayasan sebagai penanggung/peminjam;
d. menggadaikan barang-barang bergerak kepunyaan Yayasan;
e. turut serta sebagai pesero diam dalam perseroan komanditer di bawah firma;

Haruslah mendapat persetujuan tertulis terlebih dahulu dari rapat Badan Pendiri.

2. Surat-surat keluar harus ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris, dan dalam hal pengeluaran dan/atau penerimaan uang turut ditandatangani oleh Bendahara.    

3. Wakil ketua membantu ketua, dalam hal ketua berhalangan atau tidak ada, kejadian mana tidak perlu dibuktikan kepada pihak lain, maka dalam hal demikian Wakil Ketua mempunyai wewenang yang sama dengan Ketua.

4. Dengan tidak mengurangi wewenangnya, Ketua dan Sekretaris berhak memberi kuasa kepada pihak lain dengan surat kuasa.

5. Badan Pengurus harus mengadakan pembagian kerja di antara para anggotanya secara efektif dan efisien.

RAPAT BADAN PENGURUS 

Pasal 11 

1. Badan pengurus diwajibkan mengadakan rapat sekurang-kurangnya (___) kali dalam setahun dan setiap waktu jika dianggap perlu oleh ketua, atau sekurang-kurangnya (_____) dari jumlah anggota Badan Pengurus yang memberitahukan kehendaknya itu dengan tertulis kepada ketua.

2. Di dalam semua rapat, Ketua memegang pimpinan. Jika Ketua tidak hadir, rapat dipimpin oleh Wakil Ketua dan jika Wakil Ketua pun tidak hadir, maka rapat dipimpin oleh salah seorang yang dipilih dari dan oleh mereka yang hadir.  

3. Rapat Badan Pengurus dianggap sah, jika sekurang-kurangnya (________) ditambah 1 (satu) dari jumlah anggota Badan Pengurus hadir atau diwakili.

Baca lanjutannya: Contoh Akta Notaris Terkait Pendirian Yayasan (3)

Related

Business 559237165358527046
item