Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-11

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-11

Naviri.Org - Pada minggu ini, berat calon bayi Anda telah meningkat drastis menjadi sekitar 0,25 ons (8 gram), dengan ukuran kepala nyaris separuh ukuran tubuhnya. Yang patut diketahui, bagian paling kritis dari perkembangan bayi telah dilalui. Semua organ vital bayi sekarang terbentuk dan berfungsi, sehingga risiko cacat pada bayi akibat pengaruh dari luar menurun minggu ini.

Minggu ini merupakan masa pertumbuhan yang cepat, dan panjang calon bayi Anda bisa bertambah hingga 4 cm pada akhir minggu. Telinganya mulai terbentuk di tempat yang tepat, sementara tunas kuku tangan dan kaki juga mulai terbentuk. Testis atau ovarium juga mulai terbentuk, meski Anda mungkin belum bisa memastikan apakah calon bayi Anda laki-laki atau perempuan.

Dalam kandungan, calon bayi Anda telah bisa bergerak, meski Anda belum dapat merasakannya karena gerakan yang dilakukan masih sangat lembut. Dalam sembilan minggu berikutnya, berat calon bayi Anda akan meningkat hingga 30 kali, sementara panjangnya akan berkembang hingga tiga kali lipat.

Karena perkembangan yang terus terjadi dalam rahim Anda, secara umum berat badan Anda pun bisa bertambah sekitar 1-2 kg pada trimester pertama. Pada masa ini, Anda perlu tambahan 300-500 kalori per hari. Anda harus lebih fokus pada gizi, daripada merisaukan berat badan.

Keluhan umum yang biasa dialami ibu hamil pada minggu ke-11 adalah kepala yang sering sakit atau pusing. Sakit kepala yang sebentar datang sebentar hilang itu kadang mengganggu. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan penghilang sakit yang banyak beredar di pasaran. Sebagai alternatif, Anda bisa meredakan sakit kepala yang dialami dengan mengompresnya menggunakan handuk dingin atau olahraga ringan.

Jika sakit kepala yang dialami adalah migrain (biasanya terjadi pada wanita yang memang menderita migrain), Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter untuk mendapat solusi yang lebih baik.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-12

Related

Pregnancy 3230479871869767690
item