Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-15

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-15

Naviri.Org - Jika Anda melakukan USG pada minggu ini, Anda mungkin akan melihat bayi Anda sedang mengisap ibu jarinya. Pada minggu ke-15, calon bayi Anda tumbuh sangat pesat. Panjangnya telah mencapai 12-14 cm (3,7-4,1 inci), dengan berat sekitar 50 gram (1,75-2 ons).

Di dalam kandungan, kulit bayi Anda masih sangat tipis dan transparan, dan dibungkus rambut-rambut halus yang disebut lanugo. Lanugo yang meliputi tubuh bayi akan terus tumbuh hingga usia kehamilan mencapai 26 minggu. Perkembangan yang juga menarik adalah pola atau jenis rambut bayi Anda akan ditentukan selama pertengahan pertama minggu ini. Setelah lahir kelak, rambut bayi Anda akan tumbuh pada rata-rata 1/2 inci (13 mm) per bulan.

Pada minggu ini, tulang bayi Anda juga terus mengeras, dan menyerap kalsium dengan cepat. Kelopak matanya sekarang tertutup rapat, dan akan terus tertutup hingga trimester ketiga. Meski tertutup, mata bayi Anda sudah dapat merespons cahaya. Jika Anda mengarahkan lampu senter ke perut Anda, mata bayi akan berusaha menghindarinya.

Selain mata yang terus bergerak ke posisi normal, telinga bayi Anda juga telah di sisi kepala, terus berkembang secara eksternal, dan hampir terlihat seperti telinga normal.

Sementara itu, memasuki minggu ke-15 kehamilan, rahim Anda akan mulai naik, begitu pula dengan tulang pinggul. Tinggi rahim Anda sekitar tiga sampai empat inci di bawah pusar. Seiring dengan itu, perut Anda yang makin membesar membuat pakaian Anda yang biasa mulai kurang nyaman dikenakan. Karenanya, Anda sudah perlu pakaian baru, yang khusus untuk digunakan selama hamil.

Jika Anda berencana melakukan amniosintesis (tes yang dapat menunjukkan adanya kelainan pada bayi), Anda harus menjadwalkannya pada minggu ini, karena biasanya amniosintesis dilakukan antara usia kehamilan 16 dan 18 minggu.

Karena kondisi perut yang makin membesar, Anda mungkin mulai kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur paling nyaman yang disarankan adalah miring ke kiri, dengan guling di antara kaki Anda. Selain itu, tidur dengan bantal di antara kaki juga dapat membantu gejala umum nyeri kehamilan. Jika kamar tidur terasa panas, Anda bisa menyalakan kipas angin atau AC jika diinginkan.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-16

Related

Pregnancy 3897355774442965468

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item