Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-6

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-6

Naviri.Org - Usia kehamilan Anda mencapai 6 minggu, dan janin dalam kandungan Anda mencapai usia 4 minggu. Sekarang, janin Anda berukuran sekitar 6-8 mm, dan detak jantungnya semakin kuat. Usia kehamilan 6 minggu adalah waktu ketika detak jantung janin bisa mulai dilihat untuk pertama kalinya melalui sonogram, yang ditunjukkan sebagai titik kecil yang berkedip pada layar.

Pertumbuhan janin Anda berlangsung sangat cepat pada minggu ini. Tali pusat berkembang, bakal mata dan telinga mulai terbentuk, juga pembukaan mulut. Jantung mulai memompa darah, dan sebagian besar organ dalam semisal hati dan ginjal akan mulai berkembang. Di bagian luar, tunas akan terbentuk pada tubuh, yang akan menjadi lengan dan kaki.

Pada minggu keenam, Anda mungkin akan sering merasa lelah atau mual, morning sickness akan mulai jadi teman setia, sementara payudara akan terasa berat dengan aerola yang tampak makin gelap.

Kelelahan dan perubahan itu disebabkan karena banyak sekali hormon yang bergejolak di dalam tubuh Anda. Bisa jadi, Anda akan sering terkantuk-kantuk selama periode kehamilan trimester pertama ini. Biasanya, tubuh Anda akan memperoleh kembali kekuatannya setelah kehamilan memasuki trimester kedua.

Karena tubuh sering mengalami lelah, sangat disarankan jika Anda mulai memperbanyak istirahat. Sementara untuk mengatasi kelelahan, Anda bisa memanfaatkan obat-obatan alami.

Untuk hal tersebut, ibu Anda (ibu kandung atau ibu mertua) biasanya memiliki cukup banyak pengalaman dalam hal mengatasi rasa lelah dengan cara tradisional, dan Anda bisa menanyakannya pada mereka. Selain itu, olahraga ringan bisa membantu meningkatkan energi Anda, dari jalan-jalan sampai gerakan yoga.

Yang juga perlu diingat, minggu ini adalah waktu penting bagi perkembangan organ bayi. Karenanya, hindari alkohol, obat atau zat berbahaya, juga hindari menggunakan perawatan kecantikan yang menggunakan bahan kimia keras semisal pewarnaan rambut, manikur, dan semacamnya, toh Anda sebenarnya tidak membutuhkan hal tersebut.

Jika sampai minggu keenam ini Anda belum membuat janji ke dokter, Anda bisa mulai melakukannya, untuk melihat kesehatan dan perkembangan janin Anda.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-7

Related

Pregnancy 4425181001589175271

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item