Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-16

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-16

Naviri.Org - Bayi Anda terus berkembang, dan kini panjangnya sekitar 4 inci dengan berat sekitar 80-85 gram (3 ons). Kakinya mulai lebih panjang daripada lengan, sementara tangan dan kakinya mulai sering bergerak, terutama karena masih ada banyak ruang untuk bergerak di dalam rahim.

Banyak wanita yang menggambarkan perasaan itu (bergeraknya bayi dalam kandungan) sebagai gelembung gas dalam perut, sementara wanita lain mengilustrasikannya sebagai popcorn meletus.

Jika pada minggu ke-16 Anda belum merasakan gerakan apa-apa dalam perut, tak perlu khawatir. Beberapa wanita, khususnya yang mengalami kelebihan berat badan, biasanya memang agak terlambat dalam merasakan gerakan bayi dalam perutnya. Namun mereka juga akan segera merasakannya dalam waktu dekat, biasanya dari minggu ke-16 sampai minggu ke-24.

Pada minggu ini, kepala bayi masih ditutupi lanugo (rambut halus). Kuku tangan mulai terbentuk, dan kuku kaki juga akan mulai tumbuh. Sementara tubuhnya akan mulai tumbuh lebih cepat, dengan ukuran kepala yang akan lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya. Bagian kepala dan leher akan terus mengalami penguatan. Yang menarik, pada minggu ini bayi dalam kandungan Anda juga mulai berlatih segala macam ekspresi wajah, dari memicingkan mata, menguap, meringis, dan lainnya.

Perkembangan lain yang juga terjadi pada minggu ini adalah pembuluh darah bayi yang sangat aktif. Bayi Anda memompa darah sangat banyak ke tubuhnya, meski kulitnya masih keriput dan transparan. Meski ukurannya masih relatif kecil, namun sekarang calon bayi Anda telah terbentuk sempurna sebagaimana manusia umumnya.

Di minggu ini, durasi buang air kecil Anda mungkin telah berkurang atau tidak sesering sebelumnya, karena rahim Anda bergerak lebih tinggi, sehingga tidak lagi menekan kandung kemih.

Namun, yang perlu diketahui, pada minggu ini jantung Anda akan meningkatkan output volume darah, untuk memasok oksigen pada bayi dalam kandungan. Jantung akan memompa darah sekitar 20 persen lebih banyak dari sebelum Anda hamil. Volume itu akan terus meningkat selama kehamilan, dan akan menghasilkan output jantung yang meningkat sebesar 30-50 persen pada saat melahirkan.

Karena adanya peningkatan volume darah tersebut, beberapa wanita kadang mengalami kondisi hidung tersumbat, atau bahkan mimisan (hidung berdarah). Volume darah yang meningkat mempengaruhi tingkat estrogen Anda, yang mengarah pada pembengkakan hidung, sehingga mengakibatkan hidung tersumbat atau mimisan. Jika Anda kebetulan mengalaminya, tidak perlu panik. Anda bisa minum teh herbal atau minuman jahe untuk meringankan hidung yang tersumbat.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-17

Related

Pregnancy 3980044884457924889
item