Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-17

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-17

Naviri.Org - Memasuki minggu ke-17 kehamilan, bayi dalam kandungan Anda mulai membentuk lapisan lemak di bawah kulitnya. Lemak tersebut berguna agar ia tetap merasa hangat dan nyaman ketika lahir kelak. Berat badan bayi kini sekitar 140-145 gram (5 ons), dengan panjang sekitar 5 inci.

Dalam empat minggu ke depan, berat badan bayi Anda akan meningkat sekitar enam kali lipat, yang artinya beban pada perut Anda juga akan ikut meningkat seiring pertumbuhan janin.

Seiring beratnya yang makin bertambah, calon bayi Anda juga berusaha keras mengasah kemampuan refleksnya, yaitu gerakan mengisap dan menelan. Kuku jarinya mulai tumbuh dari dasar kuku, dan hal itu menjelaskan mengapa bayi membutuhkan pemotongan kuku setelah dia lahir. Di masa ini pula, perasaan Anda sebagai ibu semakin tumbuh kuat bersama perkembangan janin dalam perut Anda.

Mengingat kehamilan yang makin membesar dengan pertumbuhan janin yang makin pesat, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan diet. Dengan kata lain, Anda tidak perlu berusaha membatasi kalori yang dikonsumsi. Tidak perlu mengkhawatirkan berat badan yang bertambah, karena toh tambahan berat yang terjadi akan menyusut sendiri setelah bayi Anda lahir kelak.

Yang perlu diingat adalah bahwa ibu hamil membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori ekstra setiap hari, sehingga Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan makanan sehat. Jika Anda ingin menghindari makanan, yang perlu Anda hindari adalah camilan yang tidak bergizi.

Jika kebetulan Anda memiliki waktu luang, atau ingin melupakan sejenak penat letih kehamilan, Anda bisa mulai mendekorasi kamar bayi dengan pernak-perniknya. Aktivitas itu akan membuat Anda tersenyum, dan melupakan beban kehamilan yang mungkin Anda rasakan. Dua puluh tiga minggu lagi, bayi Anda akan lahir ke dunia.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-18

Related

Pregnancy 5946310968687275883

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item