Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-19

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-19

Naviri.Org - Jika sebelumnya kulit bayi dalam kandungan Anda tipis dan transparan, di minggu ini akan mulai tumbuh vernix, yaitu lapisan putih susu yang melindungi kulit bayi dari cairan ketuban. Vernix itu terdapat pada seluruh kulit bayi. Pada minggu ini pula, pertumbuhan bayi Anda terus meningkat, hingga beratnya menjadi 250 gram (8-9 ons) dan panjangnya sekitar 15-19 cm (6- 7,5 inci).

Selain munculnya lapisan yang melindungi kulit, perkembangan lain yang muncul adalah pembentukan alis dan rambut kepala. Meski masih dalam kandungan, namun bayi Anda sudah mulai mengenal aktivitas tidur, bahkan telah menemukan posisi favorit untuk tidur. Biasanya, bayi Anda akan tidur dengan dagu terselip ke dada.

Pada minggu ke-19 ini, Anda mungkin mengalami masalah kulit kering, gatal, dan kulit bersisik. Hal itu umum terjadi selama kehamilan, akibat perubahan hormon. Karena itu, Anda tidak perlu merisaukannya. Setelah masa hamil selesai, kulit Anda akan kembali semulus sebelumnya. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan hal itu, Anda bisa menggunakan losion atau minyak untuk mengatasinya.

Selain masalah kulit, Anda mungkin pula merasakan pening dan mual. Sekali lagi, itu juga normal pada masa kehamilan. Minum susu hangat dengan madu sebelum tidur, atau mengonsumsi yoghurt, dipercaya bisa mengatasi rasa pening dan mual tersebut. Kemudian, Anda juga bisa menambah bantal di bawah kepala saat tidur, sehingga posisi kepala Anda lebih tinggi.

Pada minggu sebelumnya, Anda telah mulai memikirkan dan menyiapkan kamar untuk calon bayi Anda. Jika saat ini belum selesai, Anda bisa melanjutkannya. Yang patut diingat, usahakan untuk menggunakan bahan-bahan yang lembut, namun tidak licin. Disarankan pula untuk melapisi lantai kamar dengan karpet, karena itu lebih baik dalam menunjang keselamatan nantinya.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-20

Related

Pregnancy 4071137850559087605
item