Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-21

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-21

Naviri.Org - Di dalam kandungan, calon bayi Anda masih aktif bergerak dalam cairan ketuban. Namun, menjelang akhir trimester ini, posisi bayi Anda akan mulai menetap, biasanya dengan posisi kepala di bawah. Dia tidur dan bangun dalam interval teratur, mirip yang dilakukan bayi baru lahir. Hal itu mungkin terasa jelas bagi Anda, melalui pola pergerakannya. Pada minggu ini, bayi Anda telah tumbuh sepanjang 27-30 cm (11 inci), dengan berat sekitar 12,70 ons (360 gram).

Pada minggu ke-21, fase pertumbuhan yang semula cepat kini mulai melambat. Jantung bayi Anda tumbuh kuat, dengan detak jantung yang juga cukup kuat, sehingga bisa didengar melalui stetoskop. Pada kunjungan Anda berikutnya ke dokter, Anda bisa mencoba mendengarkan detak jantung bayi Anda. Selain itu, sumsum tulang janin juga mulai membuat sel-sel darah (yang sebelumnya dilakukan oleh hati dan limpa).

Sistem pencernaan bayi sudah berfungsi dengan cara yang sederhana. Pada tahap ini, bayi menelan dan menyerap sejumlah besar cairan ketuban, dan mengeluarkan urin. Aktivitas menelan cairan ketuban digunakan usus untuk berkembang dan menyerap sejumlah kecil gula dari cairan itu.

Kemampuan mencerna gula secara efektif adalah hal penting pada setiap tahap kehidupan. Karenanya pula, hal penting bagi bayi untuk mendapat nutrisi dari cairan tersebut. Menelan cairan ketuban juga membantu pertumbuhan dan pengembangan, serta membantu kondisi sistem pencernaannya berfungsi secara normal setelah lahir.

Sebenarnya, cairan ketuban yang mengelilingi bayi Anda—dan digunakan oleh bayi untuk berlatih menelan serta melatih pencernaannya—diganti setiap 3-4 jam sekali. Pada bayi kembar, mereka sering menendang satu sama lain saat bergerak. Meski begitu, ada membran sangat elastis yang memisahkan mereka, sehingga mereka tidak akan menendang satu sama lain. Mereka terlindungi oleh membran, dan membran tersebut tidak akan pecah karena aktivitas mereka.

Pada minggu ke-21 ini, emosi Anda telah lebih stabil, karena kadar hormon dalam tubuh Anda juga telah stabil. Garis pinggang Anda sekarang benar-benar telah hilang, dengan perut yang makin membuncit. Anda telah benar-benar terlihat hamil sekarang, dan sudah saatnya mengenakan pakaian longgar yang nyaman.

Untuk menjaga emosi tetap stabil, Anda tidak perlu dirisaukan oleh jumlah kalori yang Anda konsumsi. Selama Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih dalam jumlah yang cukup, Anda tidak perlu mengkhawatirkan berat badan.

Pada sore hari, mungkin terjadi pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum banyak air dan beristirahat dengan posisi kaki ditinggikan. Minum air tidak hanya membantu mengatasi kaki bengkak, melainkan juga untuk mengganti cairan ketuban yang dibutuhkan bayi Anda. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa menggantinya dengan jus, karena mengandung nilai gizi tambahan, asal dibuat dari buah-buahan yang tidak mengandung pengawet.

Setiap hari, Anda bisa menyediakan waktu sedikitnya 30 menit untuk mengistirahatkan kaki dengan posisi kaki ke atas (misalnya diganjal bantal), pada sore atau malam hari, setelah lelah beraktivitas.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-22


Related

Pregnancy 7062299370033038472

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item