Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-20

  Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-20

Naviri.Org - Banyak ibu hamil yang ingin tahu apa jenis kelamin bayi yang akan dilahirkannya, dan pada minggu ke-20 inilah mereka biasanya melakukan hal tersebut melalui USG. Jika calon bayi Anda laki-laki, testis telah mulai turun dari pinggul ke dalam skrotum. Jika calon bayi Anda perempuan, rahimnya telah mulai terbentuk, sementara bagian reproduksinya yang lain masih dalam tahap perkembangan.

Memasuki minggu ke-20 kehamilan, energi terbesar yang digunakan calon bayi Anda adalah untuk menaikkan berat badan. Karenanya, bukan kebetulan, jika hal yang sama juga terjadi pada tubuh Anda. Pada saat ini, bayi Anda telah memiliki berat sekitar 285-300 gram (10-11 ons), dengan panjang sekitar 20-26 cm (8-10 inci).

Di dalam kandungan, bayi telah mulai berlatih gerakan bernapas, meski paru-parunya belum cukup mampu untuk menghirup udara di luar tubuh Anda. Vernix, lapisan yang melindungi kulit bayi, masih menutupi seluruh tubuh bayi Anda, namun kulit bayi sekarang juga mulai menumbuhkan dua lapisannya sendiri, yaitu epidermis (lapisan permukaan) dan dermis (lapisan yang lebih dalam).

Masalah yang sering muncul pada ibu hamil ketika memasuki minggu ke-20 adalah strecth mark. Stretch mark adalah goresan-goresan berbentuk guratan di sekitar perut, yang disebabkan adanya peregangan kulit perut akibat kehamilan. Meski mungkin tidak enak dipandang, namun Anda tidak perlu terlalu merisaukan, karena semua ibu hamil yang pernah melahirkan juga mengalami hal yang sama.

Lebih dari itu, setelah masa kehamilan selesai, Anda bisa mengatasinya dengan bantuan dokter yang berkompeten.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-21


Related

Pregnancy 5371835901872236613
item