Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-8

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-8

Naviri.Org - Kehamilan delapan minggu telah mengubah banyak hal pada janin dalam kandungan Anda. Ukurannya sekarang sekitar 8-14 mm, sementara belakang otaknya makin jelas terlihat. Jantung mungilnya telah terpisah menjadi empat ruangan yang berbeda, dan benar-benar berdenyut hingga 150 denyut per menit.

Seiring dengan itu, tulang dan sendi semakin berkembang, siku mulai terbentuk di lengan, jari-jari terus tumbuh, sementara proses osifikasi (pengerasan tulang) dimulai.

Tunas kaki mulai menunjukkan kaki dengan takik kecil untuk jari-jari kaki. Bagian kepala dan wajah terus menumbuhkan telinga, mata, dan ujung hidung. Tunas gigi mengembang bersama gusi, sementara usus mulai terbentuk dalam tali pusat. Di akhir minggu ini, janin Anda mulai tampak manusiawi, dengan kelopak mata, telinga, hidung, dan bibir atas, yang telah terbentuk.

Rahim Anda akan sebesar ukuran jeruk, sekarang. Pinggang Anda akan berkembang, sementara payudara akan membesar. Sementara itu, Anda mungkin akan mendapati jerawat muncul di wajah. Tidak perlu khawatir, karena kehamilan menyebabkan peningkatan sekresi minyak, selain hormon yang terus bergejolak. Masalah jerawat itu biasanya akan hilang sendiri setelah kehamilan memasuki trimester pertama, atau seiring penurunan hormon setelah melahirkan.

Yang perlu diperhatikan, Anda sudah mulai perlu mengonsumsi vitamin prenatal untuk menjamin pertumbuhan yang baik serta gizi bagi janin Anda. Namun, karena rasa mual yang terus Anda alami, bisa jadi mengonsumsi vitamin tersebut bisa terasa sulit. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum vitamin yang dibutuhkan pada malam hari, bersama makanan yang Anda konsumsi.

Selain vitamin prenatal, zat besi juga sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi. Sayangnya asupan zat besi bisa jadi menyebabkan rasa mual. Jika mual yang Anda alami terasa parah, Anda bisa menanyakan pada dokter Anda mengenai vitamin alternatif yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dengan mual parah.

Kemudian, Anda bisa mulai memikirkan untuk mencari profesional medis yang akan membantu melalui semua permasalahan kehamilan. Profesional medis yang dipilih bisa dokter kandungan Anda atau bidan setempat, yang dapat memudahkan Anda berkonsultasi sewaktu-waktu secara leluasa.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kelas yoga prenatal atau senam kebugaran bagi ibu hamil, untuk menjaga kebugaran tubuh Anda selama menjalani kehamilan.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-9

Related

Pregnancy 5451086163456617651

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item