Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-12

  Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-12

Naviri.Org - Calon bayi Anda sekarang berusia 1,5 bulan, dan panjangnya sekitar 5,4 cm dengan berat sekitar 14 gram. Pada minggu ini, hampir semua organ dan struktur janin terbentuk, dan akan terus tumbuh berkembang sampai saat kelahiran. Kuku terus tumbuh, dan tangan sekarang benar-benar terbentuk. Jari-jari tangan dan kaki telah terpisah, sementara rambut memulai tumbuh.

Wajah bayi semakin tampak, dengan bagian mata, hidung, dan mulut, menempati tempatnya yang proporsional. Dagu dan hidung juga menjadi lebih jelas. Sementara itu, bersamaan makin terbentuknya alat kelamin, ginjal bayi juga mulai memproduksi dan mengekskresikan urin. Otot-otot di dinding usus mulai melakukan gerak peristaltik—kontraksi dalam usus yang mencerna makanan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bayi Anda bisa bernapas dalam kandungan? Selama berada dalam perut, bayi Anda memperoleh oksigen dari darah yang dipompa ke dalam tubuhnya oleh plasenta. Artinya, bayi Anda tidak bernapas dengan paru-paru sebagaimana umumnya orang dewasa. Selain itu, yang perlu diketahui, pada minggu ini risiko Anda mengalami keguguran telah jauh berkurang.

Meski begitu, mulai minggu ini Anda harus selalu menjaga dan merawat kebersihan tubuh, karena biasanya masa kehamilan 12 minggu menjadi saat-saat melelahkan, hingga Anda merasa sangat malas untuk melakukan banyak aktivitas.

Yang perlu diingat, kesehatan gigi dan gusi sangat penting selama kehamilan. Perawatan gigi yang buruk bisa menyebabkan berbagai masalah, dan kesehatan gigi yang buruk juga dikaitkan dengan bayi prematur atau bayi yang lahir dengan berat rendah. Jika ingin memastikan kesehatan gigi Anda, khususnya selama hamil, Anda bisa menghubungi dokter gigi.

Jika Anda kerap merasa lesu dan mau apa-apa rasanya malas, Anda mungkin bisa mengatasinya dengan pergi ke swalayan dan berbelanja makanan sehat atau baju khusus untuk ibu hamil. Jalan-jalan ke swalayan biasanya dapat menjadi terapi ampuh bagi wanita yang sedang malas.

Selain itu, jika Anda ingin mulai mengabarkan berita kehamilan Anda pada sanak saudara dan teman-teman, inilah saatnya. Mereka pasti akan menyambut gembira, dan kegembiraan mereka dapat menulari perasaan Anda.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-13

Related

Pregnancy 6897374210853590168

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item