Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-14

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-14

Naviri.Org - Minggu ini, kehamilan Anda telah memasuki trimester kedua. Dalam kandungan, calon bayi Anda telah mencapai berat sekitar 40 gram, dengan panjang 7,5-8,7 cm. Lehernya juga makin panjang dan kuat.

Selain itu, calon bayi Anda sekarang juga memproduksi urin, dan benar-benar membuang urin ke dalam cairan ketuban. Dia mulai berlatih bernapas—menghirup dan membuang napas melalui saluran pernapasan. Mata dan telinganya terus tumbuh pada posisi yang tepat, dagunya tidak lagi bersandar di dada, sementara kedua tangannya mulai berfungsi dengan gerakan refleks yang mulai sering terjadi.

Seiring dengan tangan yang telah belajar bergerak, bayi Anda juga mulai memiliki sidik jari. Sidik jari bayi terbentuk ketika ia berenang dan berakrobat di dalam cairan ketuban. Ketika ia menggerakkan tangan, kulit di ujung jari-jarinya membentuk lipatan-lipatan unik. Karena itulah, semua orang memiliki sidik jari berbeda, dan tidak ada dua orang yang memiliki sidik jari kembar, meski bayi kembar identik sekali pun!

Selain pertumbuhan sidik jari, lengan bayi Anda pada minggu ini juga sudah proporsional dengan tubuh mungilnya, meski kakinya masih relatif pendek jika dibandingkan dengan tubuhnya.

Calon bayi Anda terus memperagakan keterampilan baru seperti mengedipkan mata, mengubah mimik, bahkan sudah bisa mulai menendang atau meninju, yang merupakan latihannya dalam mengendalikan gerakan otot. Karenanya, pergerakan bayi dalam kandungan pun akan berirama dan teratur.

Sementara itu, tubuh Anda semakin mempersiapkan diri untuk menyusui calon bayi yang kelak akan lahir. Karenanya, pada minggu ini Anda mungkin akan mendapati payudara yang kian membesar, dengan aerola yang kian gelap.

Pada minggu ini, hormon di tubuh Anda telah mulai seimbang. Anda tidak lagi merasakan mual-mual, dan kelelahan juga telah berkurang. Namun, pada minggu ini pula, beberapa ibu hamil kadang mengalami sembelit, karena otot-otot usus menjadi rileks, sehingga menyebabkan otot-otot tubuh bekerja lebih lambat dan kurang efisien.

Selain itu, rahim Anda juga menekan usus. Jika Anda kebetulan juga mengalami masalah sembelit, Anda bisa mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi serat.

Selain masalah sembelit, hal lain yang juga umum terjadi pada usia kehamilan 14 minggu adalah sakit punggung. Hal itu disebabkan hormon relaksin di tubuh Anda sedang bekerja melonggarkan sendi-sendi dan otot pinggul, untuk menyiapkan ruang bagi bayi untuk keluar kelak.

Bergabung dengan kelas yoga bisa membantu Anda untuk lebih rileks. Produksi relaksin mencapai puncaknya di minggu ke-14, dan tetap dalam sistem tubuh Anda sampai bayi dilahirkan.

Jika pada minggu ini Anda merasakan kontraksi kecil seperti ditarik, atau merasakan sensasi peregangan, tidak perlu panik. Itu hanya peregangan pada ligamen dan organ-organ lain di tubuh Anda, yang bergerak untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi.

Di minggu ini, Anda bisa menikmati aktivitas di luar rumah dengan cukup nyaman, karena kandungan belum terlalu berat. Meski begitu, sangat disarankan agar Anda tidak sendirian jika ingin meninggalkan rumah cukup jauh. Anda bisa mengajak suami, adik, atau orang rumah lainnya, untuk berjaga-jaga.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-15

Related

Pregnancy 6087568356886676282

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item