Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-5

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-5

Naviri.Org - Memasuki minggu kelima, janin Anda berusia 3 minggu. Pada saat ini, embrio sudah menjadi kumpulan sel, namun mulai memiliki bentuk yang berbeda. Plasenta telah berkembang.

Melalui plasenta, terbentuk jalur menyerupai jari, yang disebut villi chorionic, tempat embrio menerima makanan dari ibu. Jantung mikroskopis janin mulai berdetak, meski belum bisa dideteksi hingga beberapa minggu. Anda dan suami belum dapat mendengar suara degup jantungnya melaui dinding perut.

Dengan adanya denyut jantung, darah akan mulai beredar ke seluruh bagian janin, dan sistem organ pertama akan mulai terbentuk. Berawal dari otak, kemudian mengkoordinasi pertumbuhan jantung, saraf, sistem reproduksi, juga sistem-sistem utama lainnya. Janin juga membangun jaringan ketuban serta plasenta. Semua hal itu berlangsung sangat cepat, meski ukuran janin masih sangat kecil, sekitar 1,5 mm sampai 2,5 mm.

Anda bisa mulai memprioritaskan makanan bergizi tinggi pada minggu kelima ini, karena rata-rata wanita hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra setiap hari. Perencanaan menu makanan yang bergizi perlu dipikirkan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan calon bayi, sehingga ada beberapa menu yang mungkin harus Anda konsumsi setiap hari, seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya, untuk mendapatkan kalori ekstra.

Kemudian, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama hamil. Karena keliru mengonsumsi makanan, misalnya mengandung listeriosis dan toksoplasmosis, bisa menyebabkan masalah seperti cacat lahir atau bahkan keguguran.

Beberapa makanan yang bisa dihindari di antaranya keju lunak—seperti feta, brie, dan semacamnya—susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah atau kurang matang (termasuk hotdog), telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, kerang mentah, dan lainnya.

Yang juga perlu diingat, toksoplasmosis juga bisa menyebar melalui kotoran kucing. Karenanya, jika Anda kebetulan memelihara kucing, sebaiknya mintalah orang lain memelihara dan membersihkannya selama Anda menjalani kehamilan.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-6

Related

Pregnancy 3873664536567412891

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item