Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-18

 Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-18

Naviri.Org - Di antara banyak pertumbuhan yang terjadi dalam kandungan Anda, salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah telinga calon bayi Anda kini telah menghadap ke depan, hingga benar-benar terbentuk sempurna, dan dapat mendengar saat Anda bercakap-cakap.

Saraf bayi kini makin terhubung dan terkoordinasi lebih banyak dan lebih kompleks. Indra penciuman, penglihatan, rasa, dan pendengaran, semua berkembang. Hal itu dimungkinkan karena adanya zat yang disebut myelin, yang membuat koneksi saraf berjalan lebih cepat di antara lapisan saraf bayi. Pada minggu ini, bayi Anda telah tumbuh sepanjang 5,5 inci, dengan berat sekitar 200 gram (7,5 ons).

Selain itu, juga terjadi proses lain yang tak kalah penting, yaitu pembentukan tulang. Proses pembentukan tulang dimulai dari perkembangan jaringan penyambung, seperti tulang rawan, yang berkembang menjadi tulang keras. Jaringan yang berkembang tersebut akan disisipi pembuluh darah. Pembuluh darah akan membawa mineral seperti kalsium, dan menyimpannya pada jaringan tersebut.

Pada minggu ke-18 ini, kadang Anda akan merasakan kaki atau sikut bayi dalam kandungan Anda bergerak. Saat mengalaminya, Anda mungkin akan terkejut, kemudian tersenyum, karena menyadari calon bayi Anda sedang bergerak-gerak.

Pergerakan itu juga menandakan bahwa bayi Anda tumbuh sehat. Seiring bertambahnya usia kandungan, pergerakan yang terjadi dalam perut Anda juga biasanya akan semakin sering dan semakin jelas.

Kemudian, pada masa ini Anda juga biasanya akan mudah mengalami lapar, hingga nafsu makan Anda pun bertambah. Sekali lagi, untuk sementara, lupakan diet dan segala macam pantangannya. Jika Anda memang ingin makan, ambillah makanan dan nikmatilah. Selama makanan itu baik dan bergizi, Anda tidak perlu risau dengan tambahan berat badan. Asupan makanan yang bertambah itu membantu janin di perut Anda terus memperoleh nutrisi yang cukup.

Yang tidak kalah penting untuk diingat adalah istirahat. Usahakan untuk selalu beristirahat dalam jumlah yang cukup. Karenanya, jika memungkinkan, hindari pekerjaan atau aktivitas yang berat. Lakukan yang ringan-ringan saja. Agar tubuh tidak terlalu lelah, dan agar pikiran tidak terbebani.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-19

Related

Pregnancy 7080046097977117589
item